Resep Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur ayam adalah salah satu makanan paling favorit di negara kita, hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yg berjualan bubur ayam di negara kita. Dari gerobak di pinggir jalan hingga restoran-restoran terkenal. Meskipun jualnya di pinggir jalan, namun ada kalanya bubur yg di jual di pinggir jalan itu lebih enak dibandingkan dengan yg dijual di restoran loh Sob. Kok bisa begitu?! Nah bagi yg sudah pernah memakan bubur dari gerobak yg jualnya di pinggir jalan, mungkin bisa tahu bahwa biasanya bubur yg dijual itu menggunakan kuah kuning yg sangat enak sekali rasanya. Hal itu membuat bubur semakin wangi. Membayangkannya saja sudah membuat lapar ya Sob. Hehe tenang, kali ini kita akan coba membuat bubur ayam kuah kuning seperti yg sering kita temui di gerobak pinggir jalan.

 

Jadi bagaimanakaha cara memasak bubur ayam kuah kuning?! Tentunya Sobat Pasarindo sudah penasaran ya gimana caranya. Tenang saja Sob karena kami telah menyiapkan resepnya khusus untuk Sobat Pasarindo. Yuk kita simak di bawah ini bahan-bahan apa saja yg harus disiapkan oleh Sobat Pasarindo serta langkah-langkah apa saja yg harus dilakukan untuk memasak bubur ayam kuah kuning ini. Kita lihat di bawah ini ya Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

Untuk nasi bubur :

2 cup nasi yg sudah di masak

1.5-2 liter Air

1 batang Serai

3 lembar Daun Salam

1/2 sendok makan Garam

 

Untuk kuah :

200 gram Daging Ayam yg bertulang (bagian dada) 

1 batang Serai

5 lembar Daun Kunyit

3 lembar Daun Salam

1 cm Jahe

1 cm Lengkuas

2 liter Air

 

Bumbu halus :

8 siung Bawang Putih

6 siung Bawang Merah

4 buah Kemiri

1/2 sendok makan Kunyit Bubuk

1/2 sendok makan Ketumbar Bubuk

1/2 sendok makan Garam

 

Bahan untuk sambel :

100 gram Cabe Rawit

4 siung Bawang Putih

50 ml Air Putih

 

Pelengkap :

2 buah Dada Ayam (disuwir)

Kacang Kedelai

Telor Rebus

Daun Bawang

Bawang Goreng

Sambel

Kerupuk

Kecap Manis

100 gram Cabe Rawit

4 siung Bawang Putih

 

Cara memasak :

1. Campur semua bahan nasi bubur dan masak hingga hancur menjadi bubur.

2. Untuk kuah, rebus dada ayam yg bertulang dengan air hingga ayam matang, kemudian buang airnya dan cuci bersih.

3. Kemudian pisahkan antara daging ayam dan tulang ayam. Daging ayam untuk pelengkap bubur ayam dan tulang ayam untuk kuah bubur ayam.

4. Kemudian masak lagi tulang ayam yg sudah dipisahkan dengan daging ayam dengan 2 liter air dan masukkan semua bahan kuah.

5. Masak hingga mendidih.

6. Untuk bumbu halus, giling semua atau menggunakan blender, hingga halus.

7. Lalu tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga beraroma.

8. Kemudian masukkan ke dalam air kuah yg sudah mendidih tadi.

9. Masak air kuah sebentar, matikan kompor dan kuah bubur ayam siap digunakan.

10. Untuk dada ayam, goreng ayam hingga kecoklatan.

11. Kemudian suwir-suwir sesuai selera.

12. Untuk sambel : rebus 100 gram cabe dan 4 siung bawang putih dengan 50 ml Air hingga mendidih.

13. Kemudian haluskan, sambel siap digunakan.

14. Sajikan bubur ayam dengan pelengkapnya. Bubum ayam kuah kuning siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo

 

(Sumber : resep bubur ayam kuah kuning di ambil dari cookpad)

 

 

Mungkin jika Sobat Pasarindo membaca bahan-bahan serta langkah-langkah dalam memasak bubur ayam kuah kuning ini, Sobat Pasarindo akan merasa bahwa rumit sekali memasak menu satu ini. Namun sebenarnya tidak serumit itu kok Sob. Memang bahan yg disiapkan cukup banyak, hal ini supaya lebih nikmat rasanya. Apalagi bubur ini menggunakan kuah kuning yg wangi jadinya pasti kita harus menyiapkan bumbu untuk membuat kuahnya juga. Meskipun cukup repot karena banyak yg dilakukan, semua akan terbayarkan dengan rasa bubur ayam nya yg enak sekali. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba untuk memasak bubur ini di kala Sobat Pasarindo ingin memasak sesuatu yg baru dan pastiny akan membuat keluarga Sobat Pasarindo senang memakannya.

 

Jangan lupa untuk semua bahan yg akan digunakan untuk memasak bubur ayam kuah kuning bisa di pesan semua dari website Pasarindo ya, Sob! Tenang saja daging yg di beli tentunya selalu segar setiap harinya supaya Sobat Pasarindo pun bisa memasak masakan yg lezat bergizi untuk keluarga Sobat Pasarindo. Pastikan setiap memasak, Sobat Pasarindo selalu menggunakan bahan baku yg segar ya Sob. Hal ini sangat penting supaya terhindar dari berbagai resiko apabila mengkonsumsi daging yg kurang segar ya Sob. Kami tunggu orderannya!