Resep Lemper Ayam Rice Cooker

Jajanan pasar adalah salah satu makanan yg paling orang Indonesia sukai. Ada banyak sekali macam jajanan pasar, dari yg asin hingga manis. Semua begitu menggiurkan karena rasanya yg sangat lezat. Jajanan pasar apakah yg Sobat Pasarindo sukai?! 

 

Lemper ayam adalah salah satu jajanan pasar yg sangat di sukai orang banyak. Hal ini terlihat dari banyaknya tempat yg menjual jajanan pasar yg satu ini, dari pasar hingga di toko kue atau roti biasanya sering sekali kita temukan jajanan satu ini. Rasanya yg manis dari ayam suwirnya yg dipadu dengan asin dari ketannya sungguh memang lezat sekali untuk di makan. Nah Sobat Pasarindo sendiri apakah suka memakan lemper ayam?! Tentunya banyak yg menyukainya bukan hehe. Bagaimana jika kita membuat lemper ayam sendiri dari rumah?! Pastinya semua mau mencobanya ya.

 

Jadi bagaimanakah cara membuat lemper ayam?! Pasti banyak di antara Sobat Pasarindo yg tidak tahu caranya membuat lemper ayam sendiri. Jangan khawatir karena kami telah menyiapkan resep lemper ayamnya khusus untuk Sobat Pasarindo. Yuk kita simak di bawah ini bahan-bahan apa saja yg diperlukan serta langkah-langkah apa yg perlu dilakukan untuk membuat lemper ayam rice cooker ini. Kita lihat di bawah ini ya Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

Bahan nasi lemper :

350 gram Ketan (kurang lebih 2,5 cup)

200-250 ml Santan

1 batang Sereh

1 lembar Daun Salam

1 lembar Daun Pandan

Garam secukupnya

Gula secukupnya

 

Bahan ayam isian :

150-250 gram Daging Ayam (lebih baik bagian dada fillet)

100 ml Santan

4 buah Bawang Putih

4 buah Bawang Merah

3 buah Kemiri

1 batang Sereh

1 lembar Daun Salam

2 lembar Daun Jeruk

1 ruas kecil Jahe

Lada secukupnya

Ketumbar secukupnya

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Kaldu Jamur secukupnya

 

Cara memasak :

1. Rendam ketan dengan air bersih minimal 1 jam sampai 3 jam.

2. Selagi menunggu, cuci bersih daging ayam. Kemudian rebus dada ayam hingga matang, lalu suwir-suwir halus daging ayam nya.

3. Sementara merebus dada ayam, siapkan bumbu-bumbu yg diperlukan. Blender kemiri, bawang putih, bawang merah, dan iris jahe.

4. Masak ketan. Masukkan ketan ke dalam rice cooker, tambahkan daun salam, sereh, daun pandan, garam dan gula. Lalu tuang santan hingga seluruh permukaan ketan tertutup agak lebih sedikit, tetapi jangan sampai kebanyakan. Masak hingga matang lalu kemudian di aduk.

5. Masak ayam suwir. Tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan daun jeruk, sereh, daun salam, dan jahe. Aduk hingga bumbu wangi, lalu masukkan ayam suwir, aduk-aduk hingga tercampur rata.

6. Tambahkan santan kurang lebih 100 ml hingga ayam basah. Aduk terus hingga agak kering.

7. Jika nasi sudah matang, tata di loyang sebaiknya ukuran 20 x 10 cm yg telah di olesi sedikit minyak. Setelah merata, tambahkan ayam suwir, lalu tutup lagi dengan ketan. 

8. Potong menggunakan pisau yg dilapisi plastik dan di beri minyak. Lemper ayam ricecooker siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep lemper ayam rice cooker di ambil dari cookpad)

 

 

Membuat lemper ayam rice cooker ini sebenarnya tidak begitu sulit. Yg pasti Sobat Pasarindo telah mengikuti langkah-langkah yg sudah kami tuliskan di atas. Rasa lemper juga sebaiknya tidak kemanisan supaya tidak membuat eneg. Selain itu ketan juga jangan sampai terlalu lengket. Nah bagian yg lebih susah itu ada pada saat memotong lempernya, apabila memotong menggunakan pisau seperti biasa maka lemper dapat menempel ke pisau sehingga bentuknya menjadi berantakan, jadi sebaiknya pisau dilapisi dengan plastik yg telah diberi minyak terlebih dahulu. Selebihny tentu tinggal di makan saja lempernya ya Sob. Hehe. Pastinya lemper ayam rice cooker ini akan menjadi cemilan favorit keluarga Sobat Pasarindo. Sekarang sudah tidak perlu membeli lemper dari luar deh. Yuk coba langsung di buat lemper ayam nya.

 

Jangan lupa untuk semua bahan yg akan digunakan untuk memasak lemper ayam rice cooker bisa di pesan semua dari website Pasarindo ya, Sob! Tenang saja daging yg di beli tentunya selalu segar setiap harinya supaya Sobat Pasarindo pun bisa memasak masakan yg lezat bergizi untuk keluarga Sobat Pasarindo. Pastikan setiap memasak, Sobat Pasarindo selalu menggunakan bahan baku yg segar ya Sob. Hal ini sangat penting supaya terhindar dari berbagai resiko apabila mengkonsumsi daging yg kurang segar ya Sob. Kami tunggu orderannya!