Resep Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng tentu merupakan pilihan yg sangat menggugah selera makan. Ada banyak variasi ayam goreng yg ada di negara kita Indonesia. Sobat Pasarindo sendiri paling menyukai ayam goreng apa?! Bagi penyuka asin pasti akan memilih ayam goreng kunyit, ayam goreng kremes, ayam goreng lengkuas, ayam goreng tepung, ayam goreng kering, sedangkan bagi yg menyukai manis akan memilih ayam goreng asam manis, ayam goreng kalasan, ayam goreng wijen, ayam goreng ala korea. Nah kali ini yg akan kita bahas adalah ayam goreng kalasan.

 

Ayam goreng kalasan adalah salah satu masakan berbahan daging ayam yg sangat disukai orang banyak. Rasanya yg manis dari air kelapa membuatnya sangat lezat ketika di makan. Apakah Sobat Pasarindo suka memakan ayam goreng kalasan?! Pasti banyak di antara kita yg menyukai menu satu ini ya. Ternyata memasak ayam goreng kalasan juga bisa loh kita lakukan di rumah. Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah coba memasak masakan ini?! Jika belum pernah, yuk kita coba memasaknya. Tenang saja untuk resep tentunya telah kami siapkan khusus untuk Sobat Pasarindo. Yg pasti kita bisa memasak ayam goreng kalasan yg ala rumahan yg enak. Hehe.

 

Jadi kira-kira bagaimana ya cara memasak ayam goreng kalasan ala rumahan ini?! Meskipun ala rumahan tetapi rasanya tidak jauh berbeda dengan yg di restoran ya Sob. Pastinya keuarga Sobat Pasarindo pun akan menyukainya. Daripada penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk mari kita simak di bawah ini bahan-bahan apa saja yg harus disiapkan dan langkah-langkah apa saja yg harus dilakukan untuk memasak ayam goreng kalasan ini. Kita lihat di bawah ini ya Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

Bahan utama

1 kg Daging Ayam 

 

Bumbu halus

8 siung Bawang Merah

6 siung Bawang Putih

6 buah Cabe Merah besar

1 sendok teh Ketumbar Bubuk Sangrai

1,5 cm Kunyit

 

Bumbu ungkepan

1 liter Air Kelapa

4 lembar Daun Salam

1 batang Serai Geprek

2,5 cm Lengkuas Geprek

 

Bumbu lain

1 sendok makan Gula Merah

1,5 sendok makan Kecap Manis

1/4 sendok teh Lada

1 sendok teh Lada

1 sendok teh Garam

1/2 buah Jeruk Nipis

 

Cara memasak :

1. Cuci bersih daging ayam. Potong-potong sesuai selera. Masukkan air kelapa, bumbu ungkepan, bumbu halus dan daging ayam ke dalam panci/ wajan.

2. Ungkep daging ayamnya. 

3. Menjelang mendidih, masukkan bumbu-bumbu lain. Aduk-aduk hingga merata.

4. Jika sudah menyusut (tidak sampai surut, sisakan 1/4). Angkat dan tiriskan.

5. Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan saja, tidak perlu sampai garing. Tips : remahan bumbu yg ada dalam ungkepan bisa di saring untuk di goreng bersama dengan ayam.

6. Angkat dan sajikan dengan sambal bersama dengan lalapan. Ayam goreng kalasan siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam goreng kalasan di ambil dari cookpad)

 

 

Memasak ayam goreng kalasan itu tidak begitu sulit. Yg pasti harus pastikan ayam di ungkep dengan sempurna dan bumbu dapat teresap dengan baik serta merata. Kemudian pada saat menggoreng ayam kalasan juga harus berhati-hati, pastikan tidak menggoreng ayam terlalu lama karena ayam bisa lebih mudah gosong. Cukup goreng sampai kecokelatan saja dan matang. Ayam kalasan lebih nikmat jika lembut dagingnya. Rasanya tentu tidak kalah dengan yg di restoran ya Sob. Yuk coba di masak ayam goreng kalasan ala rumahan ini. Hehe.

 

Jangan lupa untuk bahan-bahan yg digunakan untuk memasak ayam goreng kalasan tentunya bisa langsung di pesan semua melalui website Pasarindo ya, Sob! Daging yg kami pilih tentu juga telah dipilih dengan baik sehingga daging yg diterima pastinya segar dan berkualitas. Memasak menggunakan daging yg segar itu sangat penting ya, Sob supaya bisa membuat masakan Sobat Pasarindo terasa semakin nikmat dan lezat dan pastinya lebih tinggi nilai gizinya dibandingkan dengan daging yg sudah tidak segar. Kami tunggu orderannya ya, Sob!