Resep Nasi Tim Ayam

Pada masa-masa seperti sekarang ini, kesehatan adalah kunci utama dari segalanya. Kesehatan sudah tentu menjadi hal yg paling nomor satu harus di dahulukan. Supaya Sobat Pasarindo beserta keluarga dapat selalu terjaga kesehatannya tentu yg harus diperhatikan ada pada makanan yg dikonsumi keluarga Sobat Pasarindo ya. Nah Sobat Pasarindo biasanya memasak menu apa saja untuk keluarga?! Apabila Sobat Pasarindo sering memasak menu yg di goreng tentu kurang baik untuk kesehatan keluarga Sobat Pasarindo ya.

 

Jadi masakan apakah yg bisa lebih sehat untuk di konsumsi keluarga kita?! Tentunya kurangi masakan yg di masak dengan cara goreng dan ganti dengan menu masakan lain yg ada kuahnya seperti memasak sop atau nasi tim. Nahh nasi tim tentu menjadi pilihan yg tepat untuk menu masakan yg sehat dan bergizi yg akan disajikan untuk keluarga Sobat Pasarindo. Nasi tim juga bisa disajikan untuk anak yg masih balita ya Sob karena kandungan gizi yg ada dalam nasi tim sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

 

Jadi bagaimanakah cara memasak nasi tim ayam sendiri?! Tenang saja Sob karena sudah kami siapkan menu nasi tim ayam sederhana yg bisa Sobat Pasarindo masak sendiri di rumah tanpa repot. Yuk kita simak di bawah ini cara memasak nasi tim ayam, bahan-bahan apa saja yg diperlukan serta langkah-langkah yg perlu dilakukan untuk memasak nasi tim ayam. Kita lihat di bawah ini ya Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

250 gram Daging Ayam (dicincang)

1 buah Wortel (dipotong-potong menjadi ukuran kotak-kotak)

2/3 buah Tahu Potong Kotak (aslinya jamur)

Nasi Putih

Ceker untuk Kaldu Ayam

1/2 buah bawang Bombay (dipotong-potong - tetapi untuk resep ini di skip dulu, apabila ada akan lebih wangi)

3-4 siung Bawang Putih (geprek cincang)

1 ruas Jahe (geprek)

1 sendok makan Saos Tiram

1 sendok makan Minyak Wijen

1 sendok teh Kecap Asin

2-3 sendok makan Kecap Manis (disesuaikan dengan selera)

Merica secukupnya

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

1/2 sendok makan Tepung Maizena (dilarutkan dengan 2 sendok makan Air)

5-6 butir Telur Puyuh Rebus (untuk topping/ isi)

 

Bahan kaldu :

1 liter Air

3-5 buah Ceker

Daun Bawang

3 siung Bawang Putih (digeprek)

 

Cara memasak :

1. Didihkan air lalu masukkan ceker yg telah di cuci bersih dan bawang putih yg sudah di tumis hingga kecoklatan terlebih dahulu. Kemudian masak hingga kaldu bener-bener keluar lalu beri bumbu garam dan lada.

2. Siapkan bahan-bahan yg diperlukan, cuci dan potong-potong sesuai selera.

3. Tumis bawang putih sampai harum dan masukkan jahe geprek lalu masukkan daging ayam cincang hingga berubah warnanya. Masukkan wortel dan tahu, serta masukkan bumbu-bumbu (minyak wijen, saos tiram, lada, gula, garam setelah itu kecap manis dan asin).

4. Beri sedikit air kuah kaldu yg sudah di buat masak hingga kaldu menyusut. Kemudian masukkan air larutan maizena masak hingga mengental dan siap dibuat nasi tim.

5. Panaskan kukusan, siapkan mangkok cetakan dan nasi putih.

6. Tata tumisan ayam di bagian dasar lalu beri telur puyuh di tengah tengahnya kemudian ditutupi dengan nasi yg dipadat-padatkan.

7. Setelah itu ambil sedikit kuah kaldu lalu siramkan diatas nasi lalu kukus selama 15 menit. 

8. Nasi tim ayam siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep nasi tim ayam di ambil dari cookpad)

 

 

Memasak nasi tim itu cukup praktis ya Sob. Hanya perlu membuat kaldu dan menumis daging ayam hingga wangi kemudian tinggal di kukus bersamaan dengan nasi yg telah ditata di dalam mangkok. Jadi deh nasi tim ayam sederhana rumahan. Hehe. Selain praktis, rasanya pun sudah pasti enak dan juga menyehatkan ya Sob. Kalau sudah begitu, tunggu apa lagi, yuk langsung di masak saja menu nasi tim ayam ini. Pastinya keluarga Sobat Pasarindo pun akan menyukai masakan yg sehat ini.

 

Jangan lupa bahan-bahan untuk memasak nasi tim ayam ini tentunya bisa langsung dipesan semua dari website Pasarindo ya, Sob! Jangan khawatir daging yg dipesan Sobat Pasarindo pastinya selalu dikirim yg segar setiap harinya! Hal ini supaya masakan Sobat Pasarindo semakin lezat karena menggunakan daging yg segar dan berkualitas serta bergizi pastinya. Kami tunggu orderannya ya, Sob!