Resep Dimsum Ayam Udang

Dimsum adalah salah satu makanan tradisional yg berasal dari china. Dimsum umumnya terdiri dari dua macam yaitu dimsum goreng dan dimsum kukus. Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah memakan dimsum?! Tentunya nama dimsum sudah tidak asing lagi di telinga kita ya, Sob. Di negara kita, Indonesia, sudah banyak tempat-tempat makan yg menjual masakan dimsum. Dimsum sendiri biasanya berisi daging ayam dan udang, namun ada juga yg berisi daging babi. Karena rasanya yg enak, maka dimsum sangat digemari orang-orang Indonesia. Yg menarik dari dimsum adalah tampilan luarnya yg beranekaragam bentuknya meskipun sebenarnya isian dalamnya tidak terlalu berbeda jauh. Hal itulah yg membuat ada begitu banyak sajian dalam menu dimsum. Dan umumnya porsinya pun kecil-kecil berisi 3 sampai 4 potong, sehingga membuat kita bisa mencicipi berbagai menu sekaligus tanpa kekenyangan. Biasanya menu dimsum ada pada saat pagi hari sehingga sering di jadikan menu sarapan pagi, namun ada juga yg memakannya sebagai cemilan. 

 

Wah menarik sekali pastinya ya Sob apabila kita dapat membuat dimsum sendiri di rumah. Nah kali ini kita ama coba membuat menu dimsum yg paling umum ada dimana-mana.

 

Jadi bagaimanakah cara membuat dimsum sendiri di rumah?! Tentunya Sobat Pasarindo sudah penasaran ya. Tenang saja kita hanya akan membuat satu jenis dimsum yaitu dimsum ayam udang atau jika di ibaratkan dengan masakan Indonesia mungkin seperti siomay. Membuat dimsum ayam udang ini tidak begitu sulit. Daripada Sobat Pasarindo penasaran, yuk mari kita cek di bawah ini bahan-bahan apa saja dan langkah-langkah apa saja yg diperlukan untuk membuat dimsum ayam udang ini. Kita lihat di bawah ini ya Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

500 gram Daging Ayam (bagian dada)

200 gram Udang (dikupas dan cincang)

100 gram Tapioka

6 balok Es Batu

1 butir Telur

7 siung Bawang Putih

1 sendok teh Garam

1 sendok teh Kaldu Jamur

2 sendok makan Saos Tiram

2 sendok makan Minyak Wijen

Kulit Pangsit

 

Bahan pelengkap :

1 buah Wortel (dicincang) (di resep ini di skip dulu)

1 buah Wortel Parut (untuk taburan)

100 gram Jamur Shitake (di skip dulu)

2 batang Daun Bawang (diiris-iris tipis)

 

Bahan saos :

2 siung Bawang Putih

2 sendok makan Saos Bangkok

2 sendok makan Saos Tomat

1 sendok makan Saos Cabe

1 sendok teh Gula Pasir

Kaldu Jamur secukupnya

Maizena secukupnya (larutkan)

 

Cara memasak :

1. Haluskan bawang dan ayam serta es batu.

2. Tambahkan garam, kaldu, saos tiram, minyak wijen, dan tepung, campur sampai merata. Pindahkan ke wadah, campurkan daun bawang dan udang. Aduk-aduk hingga merata dan sisihkan.

3. Potong kulit pangsit dengan gunting atau gelas hingga berbentuk bulat. Ambil sedikit adonan kemudian cubit tepinya beri taburan  wortel parut, kukus hingga matang (lapisan sarang diberi minyak supaya tidak lengket).

4. Membuat saos : tumis bawang putih sampai wangi. Masukkan semua bahan serta air. Beri larutan maizena hingga mengental.

5. Dimsum ayam udang siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep dimsum ayam udang di ambil dari cookpad)

 

 

Memasak dimsum ayam udang ini ternyata tidak begitu sulit ya, Sob! Bagi Sobat Pasarindo yg sedang mencari ide memasak cemilan apa untuk keluarga, dimsum ayam udang ini boleh dijadikan ide untuk memasak pada hari libur loh Sob supaya dapat di makan sambil menonton televisi bersama dengan keluarga Sobat Pasarindo. Dimsum ini tentunya akan menjadi favorit keluarga Sobat Pasarindo karena rasanya yg sudah pasti lezat. 

 

Yuk mari coba di masak dimsum ayam udang ini. Jangan lupa bahan-bahan untuk memasak dimsum ayam udang ini tentunya bisa langsung dipesan semua dari website Pasarindo ya, Sob! Jangan khawatir daging yg dipesan Sobat Pasarindo pastinya selalu dikirim yg segar setiap harinya! Hal ini supaya masakan Sobat Pasarindo semakin lezat karena menggunakan daging yg segar dan berkualitas serta bergizi pastinya. Kami tunggu orderannya ya, Sob!