Resep Ayam Suwir

Terkadang yg kita malas dari memakan daging ayam adalah mengupasnya. Apalagi jika masakan yg berbumbu tentu tangan kita akan menjadi ikut terkena bumbu masakan tersebut. Memang betul kadang makan dengan langsung menggunakan tangan itu akan membuat rasa masakan menjadi semakin nikmat. Tetapi jika hal tersebut membuat kita jadi repot sibuk mencuci tangan setelah makan tentu cukup membuat malas ya, Sob. Apalagi bagi yg sibuk pastinya lebih suka makan makanan yg praktis saja supaya cepat selesai dan bisa melanjutkan kembali pekerjaannya. 

 

Kalau begitu bagaimana jika sekarang kita memasak masakan yg tidak perlu susah-susah untuk mengupasnya? Bukan menggunakan daging ayam fillet tentunya, tapi masih menggunakan daging ayam biasa. Apakah Sobat Pasarindo sudah penasaran apa yg sebenarnya mau di masak kali ini?! Hehe. Jadi kali ini yg akan kita masak adalah ayam suwir. Apakah itu suwir?! Bagi yg belum paham dengan kata suwir, jika kita mencari tahu apa itu arti kata suwir maka yg keluar di halaman pencarian adalah robek-robek atau koyak-koyak panjang yg artinya ayam yg kita masak kali ini akan kita robek-robek dahulu supaya mudah untuk memakannya.

 

Wah menarik bukan, jadi bisa makan ayam tanpa harus menggunakan tangan untuk mengupasnya hehe. Jadi tidak perlu repot lagi untuk mencuci tangan bekas bumbu-bumbu ayam yg biasanya susah sekali untuk dibersihkan terlebih apalagi jika bumbu masakan tersebut mengandung kunyit. Membersihkannya saja sudah menghabiskan waktu ya, Sob. Hehe. Untuk ayam suwir ini biasanya lebih sering di masak agak pedas supaya lebih enak. Namun semua kembali ke selera masing-masing ya, Sob.

 

Jadi bagaimanakah cara memasak ayam suwir ini?! Tenang saja, Sob karena kami telah menyiapkan resep ayam suwir khusus untuk Sobat Pasarindo. Daripada penasaran, yuk mari kita simak saja di bawah ini bahan-bahan apa saja yg diperukan untuk memasak masakan ini serta langkah-langkah apa saja yg diperlukan untuk memasak ayam suwir ini. Kita lihat di bawah ini ya, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1/2 kg Daging Ayam (bagian dada)

Serei

Daun Jeruk

Daun Salam

Seujung jari Laos kira-kira

1/4 sendok makan Kunyit Bubuk

Garam secukupnya

Kaldu Bubuk secukupnya

Gula Pasir secukupnya

 

Bumbu halus :

4 siung Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

4 buah Cabe Rawit

2 butir Kemiri

3 buah Cabe Merah Besar

Seujung jari Jahe kira-kira

 

Cara Memasak :

1. Cuci bersih daging ayam dan potong-potong sesuai selera. Rebus dan kukus daging ayam kemudian di suwir.

2. Blender bumbu halus dengan air. Kemudian keringkan di wajan, jika sudah kering masukkan minyak. Tambahkan serei, daun salam, daun jeruk dan laos. Masak sampai bumbu matang. Tujuannya agar bumbu awet.

3. Masukkan daging ayam yg telah di suwir, aduk dengan bumbu sampai rata. Tambahkan garam, kaldu bubuk, gula secukupnya. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera, takaran di atas hanya kira-kira. Aduk hingga kering. Jika sudah matang, ayam suwir siap dihidangkan kepad keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam suwir di ambil dari cookpad)

 

 

Memasak ayam suwir ini ternyata cukup mudah ya, Sob meskipun masakan ini perlu menggunakan bumbu namun memasak bumbunya juga tidak memerlukan waktu yg terlalu lama. Masakan ini cukup praktis untuk di buat. Untuk tingkat pedasnya juga bisa disesuaikan dengan selera keluarga Sobat Pasarindo, apabila menyukai pedas maka jumlah cabe bisa ditambahkan, namun apabila tidak menyukai pedas atau mungkin mau disajikan kepada anak, boleh dikurangi juga jumlah cabenya. Jadi disesuaikan juga bahannya dengan selera keluarga ya, Sob! Hehe.

 

Jangan lupa untuk bahan-bahan yg akan digunakan untuk memasak ayam suwir tentunya bisa langsung di pesan semua melalui website Pasarindo ya, Sob! Daging yg kami pilih sudah pasti merupakan daging yg segar dan berkualitas. Memasak menggunakan daging yg segar tentunya akan membuat masakan Sobat Pasarindo terasa semakin nikmat dan lezat. Kami tunggu orderannya ya, Sob!