Resep Nasi Bakar isi Ayam Suwir Kemangi

Tentunya sudah bukan rahasia lagi bahwa daging ayam bisa di masak menjadi berbagai macam masakan. Daging ayam sering kali di masak menjadi masakan-masakan yg lezat. Daging ayam biasanya juga suka di sajikan bersama dengan berbagai jenis nasi seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi timbel hingga nasi bakar. Nasi bakar adalah salah satu masakan yg menarik dan pastinya lezat. Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah memakan nasi bakar?! Tentunya disini sudah banyak yg pernah memakan nasi bakar ya. Jika sudah pernah memakannya, nasi bakar apa yg paling Sobat Pasarindo sukai?! Biasanya nasi bakar isinya berbeda-beda. Ada yg isinya ikan, ada yg isi ayam dan lainnya lagi. Kali ini kita akan coba memasak nasi bakar isi ayam suwir kemangi. Pastinya kebayang ya Sob enaknya?! Sudah nasi bakar, ditambah ayam suwir kemangi lagi. Langsung laper jadinya ya hehe.

 

Jadi bagaimanakah cara memasak nasi bakar isi ayam suwir kemangi ini?! Bagi Sobat Pasarindo yg sudah penasaran, jangan khawatir karena kami telah mempersiapkan resepnya khusus untuk Sobat Pasarindo. Yuk kita simak di bawah ini bahan-bahan apa yg diperlukan dan langkah-langkah apa saja yg diperlukan untuk membuat nasi bakar isi ayam suwir kemangi ini. Kita lihat di bawah ini ya Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

Nasi Gurih

1 1/4 cup Beras

1 batang Serai

2 lembar Daun Salam

1/2 bungkus Santan Cair sachet

Air rebusan Kaldu Ayam

1 buah Cabai Rawit Setan (sesuai selera)

 

Ayam Suwir Kemangi

250 gram Dada Ayam

6 butir Bawang Merah

4 butir Bawang Putih

5 buah Cabai Merah Keriting

5 butir Kemiri

2 lembar Daun Salam

1 batang Serai

1/2 bungkus Santan Cair sachet

1 batang Kemangi

Garam secukupnya

Gula Merah secukupnya

Kecap secukupnya

Air rebusan Kaldu Ayam

 

Pembungkus

Daun Pisang yg sudah dipanaskan

Tusuk gigi atau staples

 

Cara memasak : 

1. Cuci bersih daging ayam. Rebus daging ayam dengan air mendidih kurang lebih 1 menit. Jangan lupa tambahkan potongan bawang putih dan sedikit garam agar gurih. Ketika sudah matang suwir ayam dan sisihkan kaldunya.

2. Cuci beras sampai bersih, masukkan daun salam, sereh, cabai rawit, santan, dan air rebusan kaldu. Aduk rata dan masak nasi dalam rice cooker.

3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabai. Setelah lembut tumis bersama dengan daun salam dan sereh. Setelah harum masukkan gula pasir, garam, gula merah, kecap, air rebusan kaldu. Apabila rasa sudah pas masukkan ayam suwir.

4. Setelah mendidih dan bumbu tercampur rata masukkan santan.

5. Biarkan kuah sedikit surut. Setelah surut masukkan daun kemangi. Aduk rata dan tunggu sampai bumbu meresap. Selanjutnya matikan api.

6. Ambil nasi gurih dan cetak di atas daun pisang dengan susunan nasi, ayam, dan nasi. Gulung dan padatkan nasi kemudian tusuk di kedua ujungnya menggunakan lidi atau tusuk gigi.

7. Panaskan pemanggang dan panggang nasi yg sudah di bungkus. Jangan lupa di bolak balik supaya matangnya merata.

8. Nasi bakar isi ayam suwir kemangi siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep nasi bakar isi ayam suwir di ambil dari cookpad)

 

 

Memasak nasi bakar jelas lebih membutuhkan banyak waktu dibandingkan dengan memasak masakan lainnya karena langkah-langkahnya cukup banyak. Namun memasak nasi bakar sekali-sekali tentu boleh ya, mungkin juga bisa Sobat Pasarindo lakukan pada akhir minggu yg lebih santai sekaligus bisa jadi kegiatan memasak yg seru bersama dengan anak-anak di rumah karena langkahnya yg banyak jadi semakin banyak yg bisa membantu tentu akan lebih menyenangkan. Hehe. Yuk coba di masak nasi bakar isi ayam suwir kemanginya. Pasti keluarga Sobat Pasarindo akan menyukainya.

 

Jangan lupa apabila Sobat Pasarindo mau memasak nasi bakar isi ayam suwir kemangi ini, bahan-bahan yg diperlukan untuk memasak bisa langsung di pesan semua dari website Pasarindo ya, Sob! Hehe. Bahan-bahan yg akan Sobat Pasarindo terima tentunya segar langsung dari pasar ya, Sob! Selalu pastikan untuk menggunakan bahan yg segar dalam memasak supaya Sobat Pasarindo dapat menyajikan masakan yg sehat dan lezat bergizi tentunya untuk keluarga. Kami tunggu orderannya ya, Sob!