Resep Ayam Goreng Lengkuas

Daging ayam dapat dimasak dengan berbagai cara. Cara memasak ayam yg berbeda-beda juga akan menghasilkan masakan daging ayam dengan kandungan gizi yg berbeda-beda. Beberapa cara yg sering dilakukan untuk memasak daging ayam adalah : di goreng, di rebus, di panggang atau bisa juga di masak menjadi sup juga sudah enak sekali. Umumnya memasak ayam dengan cara di goreng adalah yg paling sering dilakukan oleh para Ibu karena anak-anak biasanya lebih menyukai makanan yg di goreng daripada yg di rebus. Ayam dapat digoreng dengan menggunakan tepung atau di bumbui dengan berbagai bumbu racikan dahulu baru kemudian di goreng. Dari sekian banyak jenis ayam goreng yg ada, manakah yg menjadi favorit Sobat Pasarindo?!

 

Ayam goreng tentunya pilihan paling menarik di kala Sobat Pasarindo sibuk memikirkan ide baru untuk memasak. Ayam goreng itu ada banyak macamnya, hal ini tergantung dari bumbu yg digunakan. Sebagai negara dengan masakan yg lezat dan kaya akan rasa dan aroma, ayam goreng pun cukup bervariasi. Salah satu yg menarik adalah ayam goreng lengkuas.

 

Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah mencicipi ayam goreng lengkuas?! Masakan ini pastinya sudah cukup banyak yg pernah memakannya ya karena ayam goreng ini cukup populer juga di luar sana. Jadi bagaimanakah cara untuk memasak ayam goreng lengkuas ini?! Tenang saja Sob karena kami sudah menyiapkan resep ayam goreng ini khusus untuk Sobat Pasarindo. Ayam ini memiliki citarasa yg sangat lezat jadi pasti keluarga Sobat Pasarindo akan menyukainya. Baiklah mari kita simak di bawah ini bahan-bahan apa saja yg diperlukan serta langkah-langkah apa yg perlu dilakukan untuk memasak ayam goreng lengkuas ini ya, Sob. Berikut di bawah ini ya, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1/2 kg Ayam (potong-potong hingga kecil sesuai selera)

Air Asam Jawa secukupnya

1 batang Sereh (digeprek)

3 lembar Daun Jeruk

2 lembar Daun Salam

Garam secukupnya

Penyedap secukupnya

Gula Pasir sedikit

 

Bumbu halus :

8 siung Bawang Putih

3 siung Bawang Merah

1 ruas Jahe

1 ruas Kunyit

3 ruas Lengkuas (diparut lebih mantap)

1 sendok teh Ketumbar

 

Cara memasak :

1. Cuci daging ayam hingga bersih. Untuk menghilangkan bau amis bisa lumuri dengan air jeruk nipis.

2. Haluskan bumbu halus.

3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus, tambahkan secara bertahap daun jeruk, daun salam, lengkuas dan sereh. Aduk-aduk hingga wangi.

4. Masukkan ayam ke dalam tumisan. Ratakan  di permukaannya.

5. Tambahkan air, garam, gula, penyedap, asam jawa, kemudian aduk dan biarkan sampai air menyusut.

6. Siapkan minyak panas untuk menggoreng, lalu goreng ayam ke dalam wajan.

7. Jika sudah matang, angkat dan sajikan dengan taburan lengkuas goreng diatas ayam. Ayam goreng lengkuas siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam goreng lengkuas diambil dari cookpad)

 

 

Setelah melihat langkah-langkahnya, untuk memasak masakan ayam goreng lengkuasnya sebenarnya tidak begitu sulit ya Sob, yg perlu lebih diperhatikan tentu ada pada saat menumis bumbu yg akan digunakan untuk memasak daging ayam. Bumbu harus dimasak dengan tepat supaya rasa yg dihasilkan bisa pas pada saat menambahkan daging ayam. Daging ayam juga perlu dimasak sampai matang sempurna baru kemudian boleh diangkat ya, Sob! Namun hati-hati pada saat menggoreng ayam karena daging akan lebih mudah gosong karena bumbunya.

 

Pasti Sobat Pasarindo sudah tidak sabar untuk memasak ayam goreng lengkuas ini ya. Ayo coba di masak. Jangan lupa bahan-bahan untuk memasak ayam goreng lengkuas ini tentunya bisa langsung dipesan semua dari website Pasarindo ya, Sob! Jangan khawatir daging yg dipesan pastinya selalu segar setiap harinya! Hal ini supaya masakan Sobat Pasarindo semakin lezat karena menggunakan daging yg segar dan berkualitas. Selain itu dengan memasak menggunakan daging yg segar tentu juga akan membuat masakan jauh lebih tahan lama ya, Sob karena masih bisa disimpan untuk hari esokannya.