Resep Sate Ayam Madura

Daging ayam adalah salah satu daging yg paling menjadi favorit di rumah kita. Daging ayam memiliki gizi yg tinggi sehingga sering dijadikan pilihan untuk memasak. Daging ayam sering dimasak dengan cara di goreng atau dengan cara di bakar atau dipanggang. Sebenarnya memasak dengan kedua cara ini kurang sehat namun tidak mungkin juga setiap hari kita menyajikan masakan tim atau sop karena pasti akan bosan sekali. Jadi sekali-sekali memasak dengan cara goreng dan panggang tentu boleh ya, Sob.

 

Membahas daging ayam yg di bakar pastinya yg kita ingat adalah sate ayam. Apakah Sobat Pasarindo menyukai sate ayam?! Sate ayam merupakan makanan favorit banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasa sate ayam memang lezat sekali jadi tidak heran peminatnya pun banyak. Masakan sate ayam ini ada di berbagai daerah. Namun rasa sate ayam di tiap daerah biasanya berbeda-beda karena bumbu yg digunakan pun berbeda.

 

Kali ini yg akan kita coba untuk masak adalah sate ayam khas madura. Untuk membuat sate ayam madura tentunya tidak begitu sulit dan tidak begitu berbeda dengan sate ayam pada umumnya ya, Sob. Bahan yg diperlukan juga tidak begitu banyak. 

 

Jadi bagaimana cara untuk memasak sate ayam madura ini? Pastinya Sobat Pasarindo sudah penasaran ya. Tenang saja karena di bawah ini telah kami siapkan resep sate ayam madura untuk Sobat Pasarindo. Yuk kita simak apa saja bahan-bahan yg diperlukan untuk memasak hingga langkah-langkah yg perlu dilakukan untuk memasak sate ayam madura ini. Kita lihat di bawah ini ya, Sob : 

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 kg Daging Ayam Fillet

1 sendok teh Garam

2 sendok makan Kecap Manis

Perasan Jeruk Limo

Tusuk sate

 

Bumbu kacang :

300 gram Kacang Tanah Goreng

6 siung Bawang Putih Goreng

8 siung Bawang Merah Goreng

3 lembar Daun Jeruk

4 buah Cabai Merah Keriting Goreng

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

Air secukupnya

100 ml Kecap Manis

 

Pelengkap :

Lontong

Potongan Cabai Rawit Merah dan Bawang Merah

Jeruk Limo

Kecap Manis

 

Cara memasak :

1. Cuci daging ayam hingga bersih. Potong-potong daging ayam menjadi ukuran dadu. Berikan garam, limo, kecap, aduk-aduk hingga rata dan simpan di dalam kulkas selama 1 jam kemudian tusuk-tusuk.

2. Haluskan semua bumbu yg telah di goreng, kemudian masak dan tambahkan air, gula, garam, kecap dan daun jeruk. Masak pakai api kecil hingga air menyusut dan mengeluarkan minyak. Koreksi rasa.

3. Siapkan panggangan, lumuri sate dengan bumbu kacang secukupnya dan sedikit kecap manis.

4. Bakar hingga daging ayam matang, jangan lupa di bolak balik. Sajikan dengan bumbu kacang dan pelengkap lainnya.

 

(Sumber : resep sate ayam madura diambil dari cookpad)

 

 

Resep sate ayam madura yg kami siapkan ini sebenarnya cukup simpel dan praktis untuk dimasak, jadi sebenarnya tidak akan begitu merepotkan bagi Sobat Pasarindo yg tidak memiliki banyak waktu untuk memasak masakan yg terlalu rumit. Yg lebih lama hanya di bagian memanggangnya saja, namun untuk bagian ini sebenarnya Sobat Pasarindo juga bisa sambil melakukan hal yg lain supaya daging ayam bisa sambil perlahan matangnya. Sate ayam cocok sekali jika dipadukan dengan lontong, namun bagi Sobat Pasarindo yg kurang menyukai lontong atau mau lebih kenyang, nasi putih hangat pun bisa dijadikan pilihan yg tepat. Wah bayangin sate ayamnya saja kayaknya sudah lezat sekali bukan, Sob?! Hehe. Yuk langsung di praktekkan, jangan ragu-ragu lagi untuk memasak masakan ini. Tidak perlu khawatir, pastinya masakan ini akan disukai oleh keluarga Sobat Pasarindo. Hehe.

 

Jangan lupa apabila Sobat Pasarindo mau memasak sate ayam madura ini, bahan-bahan yg diperlukan untuk memasak bisa langsung di pesan semua dari website Pasarindo ya, Sob! Hehe. Bahan-bahan yg akan Sobat Pasarindo terima tentunya segar langsung dari pasar ya, Sob! Selalu pastikan untuk menggunakan bahan yg segar dalam memasak supaya Sobat Pasarindo dapat menyajikan masakan yg sehat dan lezat bergizi tentunya untuk keluarga. Kami tunggu orderannya ya, Sob!