Resep Ayam Woku

Masakan daging ayam yg paling sering di masak adalah ayam goreng. Namun mengkonsumi ayam goreng setiap hari tentunya tidak baik bagi kesehatan ya Sob karena masakan yg di goreng itu sebenarnya kurang baik bagi tubuh karena masakan yg digoreng itu cenderung kandungan minyaknya tinggi. Oleh karena itu kali ini kita akan coba memasak yg lainnya. 

 

Daging ayam sering kali dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu rempah yg wangi. Dengan memasak menggunakan bumbu biasanya rasa yg dihasilkan pastinya lebih kental. Masakan daging ayam yg akan kita coba masak kali ini adalah salah satu masakan Manado yg juga menggunakan bumbu-bumbu. Apakah Sobat Pasarindo bisa menebaknya?! Hehe. Ayam woku adalah masakan yg akan kita coba untuk masak.

 

Ayam woku adalah salah satu masakan berbahan dasar ayam yg khas dari kota Manado, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia yg dimana masakan ini menggunakan banyak bahan daun rempah seperti daun kunyit, daun jeruk, serta daun kemangi. Masakan ayam woku ini bercita rasa pedas ya, Sob. Tentunya rasanya sudah pasti enak sekali. Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah mencoba masakan dari Manado ini?! Masakan ini memang bukan masakan yg familiar bagi semua orang karena masih banyak orang yg belum pernah mendengar ataupun memakan masakan ini. Namun masakan ini sebenarnya masakan yg lezat sekali dan sangat cocok dipadukan dengan nasi putih yg panas. Hati-hati saja karena memakan masakan ini bisa membuat Sobat Pasarindo lahap makannya. Hehe.

 

Ayam woku biasanya dimasak hingga kuahnya mengental. Oleh karena itu penting untuk menyiapkan bahan-bahan sesuai dengan takaran yg telah di tuliskan pada resepnya. Jadi bagaimanakah cara memasak ayam woku ini?! Pastinya Sobat Pasarindo sudah penasaran sekali bagaimana membuatnya. Yuk kita simak di bawah ini bahan-bahan apa saja yg perlu Sobat Pasarindo siapkan dan langkah-langkah apa saja yg perlu dilakukan untuk memasak ayam woku ini. Kita lihat di bawah ini ya, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 kg Daging Ayam

Gula Pasir secukupnya

Kaldu Bubuk secukupnya

Air Perasan Jeruk Nipis secukupnya

Garam secukupnya

 

Bahan bumbu halus :

5 siung Bawang Putih

3 ruas Jahe

12 siung Bawang Merah

4 butir Kemiri

8 buah Cabai Rawit

1 ruas Kunyit

4 buah Cabai Merah

 

Bumbu iris :

2 batang Serai

2 buah Tomat

1 lembar Daun Kunyit

5 lembar Daun Jeruk

1 batang Daun Bawang

Daun Kemangi secukupnya

 

Cara memasak :

1. Beri garam dan air perasan jeruk pada ayam, diamkan beberapa saat.

2. Tumis bumbu halus dan daun jeruk. Tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya.

3. Masukkan daging ayam, tuang air sedikit demi sedikit dan bumbu iris. Masak sampai air menyusut.

4. Beri kemangi. Aduk-aduk hingga merata.

5. Tunggu daging ayam matang dan bumbu meresap. Koreksi rasa. Angkat. Ayam woku siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam woku diambil dari brilio)

 

 

Memasak ayam woku ini tentu hal yg patut diperhatikan adalah bagian bumbunya ya, Sob karena yg berperan membuat masakan ini lezat ya dari bumbu halus dan bumbu irisnya jadi pastikan Sobat Pasarindo menumis bumbu masakan ini dengan benar hingga wangi supaya ketika di campurkan dengan daging ayam, bumbu dapat benar-benar terasa dan pas. Karena yg berperan penting adalah bumbu maka bumbu utama seperti daun rempah harus dipastikan ada dan lengkap ya Sob supaya rasa dari ayam woku ini bisa tercipta. Selalu pastikan juga pada saat memasak agar bumbu dapat terserap ke dalam daging dengan sempurna supaya masakan ini bisa terasa sempurna. Setelah itu ayam woku siap di santap deh bersama keluarga Sobat Pasarindo.

 

Jangan lupa untuk bahan-bahan yg digunakan untuk memasak ayam woku tentunya bisa langsung di pesan semua melalui website Pasarindo ya, Sob! Daging yg kami pilih tentunya merupakan daging yg segar dan berkualitas setiap harinya. Memasak menggunakan daging yg segar itu penting sekali ya Sob karena tentunya akan membuat masakan Sobat Pasarindo terasa semakin nikmat, lezat dan pastinya sehat karena daging yg digunakan masih segar. Kami tunggu orderannya ya, Sob!