Resep Ayam Berkuah

Memasak daging ayam tentu bukan hal yg sulit untuk dilakukan karena daging ayam memang daging yg sering dimasak sehari-hari. Walaupun menu dengan bahan dasar daging ayam cukup banyak namun terkadang kita masih suka kebingungan mau mengolah daging ayam menjadi masakan apa. Bukankah begitu Sobat Pasarindo?! Hehe. Nah sebenarnya ada banyak cara dalam memasak daging ayam. Salah satunya adalah dengan cara membuat ayam berkuah. Masakan ayam berkuah ini sangat cocok disajikan untuk keluarga karena masakan ini sehat bergizi dan lezat

 

Mengkonsumsi daging ayam yg berkuah tentunya akan lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi daging ayam yg dimasak dengan cara digoreng ya, Sob. Selain itu dengan tidak mengkonsumsi makanan yg goreng-goreng tentu  juga lebih bagus ya, Sob karena akan bagus untuk kesehatan tubuh kita dimana juga jadi terhindar dari sakit tenggorokan. Apalagi selama pandemi menjaga kesehatan itu sangat penting sekali. Memang bisa dibilang masakan yg digoreng itu cenderung lebih enak dan menarik hati namun tidak ada salahnya Sobat Pasarindo juga menyajikan makanan dengan cara yg lebih menyehatkan yaitu dengan membuat masakan berkuah karena pastinya lebih baik bagi kesehatan tubuh kita ya, Sob! 

 

Ayam berkuah pun sangat cocok untuk menjadi pilihan yg tepat untuk disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo yg sedang menghindari makanan yg digoreng-goreng. Menu ayam berkuah cukup digemari orang-orang karena menu ini juga cukup sering kita ditemukan juga di dalam menu makanan pada restoran-restoran karena memang makanan ini banyak disukai orang. Menu ini bisa dibilang menu yg cocok bagi segala usia karena digemari dari anak-anak hingga dewasa.

 

Nah pasti Sobat Pasarindo jadi penasaran, jadi bagaimana sih cara memasak ayam berkuah ini?! Tenang saja karena kami tentunya sudah menyiapkan resepnya untuk Sobat Pasarindo. Cara memasaknya tidak terlalu susah asal diikuti saja langkah-langkahnya. Memasak ini juga tentu dapat dipraktekan oleh siapa saja. Berikut mari kita lihat dibawah ini bahan-bahan apa saja yg diperlukan serta langkah-langkah untuk memasak ayam berkuah ini ya, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam Kampung (dipilih yg masih muda)

Jahe secukupnya (digeprek)

Garam secukupnya

Merica secukupnya

Air bersih (digunakan untuk merebus ayam)

 

Bahan minyak bawang putihnya :

6 siung Bawang Putih (dicincang)

Jahe secukupnya (digeprek)

Minyak secukupnya (untuk menumis)

Kecap Asin sedikit

Kecap Manis sedikit

1 sendok teh Minyak Wijen 

1 sendok teh Saus Tiram

 

Cara memasak :

1. Cuci hingga bersih daging ayam, nanti direbus dalam keadaan utuh 1 ekor.

2. Masak air hingga mendidih baru masukkan ayam utuh, jahe geprek, tambahkan garam dan merica secukupnya.

3. Rebus daging ayam hingga matang dan lembut, angkat dan celupkan ke air es sebentar. Lalu masukkan lagi ke air rebusan.

4. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum dan kekuningan. Kemudian tambahkan kecap asin dan kecap manis secukupnya. Kemudian tambahkan saus tiram.

5. Lalu tambahkan minyak wijen, aduk-aduk hingga merata. Siram tumisan minyak bawang putihnya di atas ayam rebus yg sudah di potong-potong. Tata piring saji.

6. Untuk air kaldu ayamnya tambahkan daun bawang dan bawang putih goreng. Ayam berkuah siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam berkuah diambil dari brilio)

 

 

Memasak menu ini mungkin tidak semudah memasak menu ayam lainnya namun Sobat Pasarindo harus banget nih mencoba memasaknya karena pasti menu ini sangat lezat dan bergizi. Bagian yg penting dalam masakan ini ada tingkat kematangan ayam dan tentunya kuah minyak bawang putihnya ya, Sob.

 

Seperti biasa apabila Sobat Pasarindo mau memasak ayam berkuah ini, jangan lupa agar bahan-bahan yg akan digunakan untuk memasak dapat dipesan langsung semuanya dari website Pasarindo ya, Sob! Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa semua bahan yg akan digunakan untuk memasak memang segar supaya Sobat Pasarindo dapat menyajikan makanan yg sehat dan bergizi buat keluarga Sobat Pasarindo! Kami tunggu orderannya ya, Sob! Hehe.