Resep Bistik Bola Ayam

Makanan yg cukup populer di Indonesia adalah bistik. Siapakah yg tidak menyukai bistik?! Tentu jawabannya hampir tidak ada ya. Karena bistik memang banyak disukai orang. Bistik yg sering di buat umumnya menggunakan daging ayam atau daging sapi. Peminat dua bistik ini pun cukup banyak namun tentu yg lebih sering kita lihat adalah bistik ayam. Biasanya bistik mempunyai ciri khas yaitu menggunakan saus. Saus yg umumnya digunakan untuk bistik itu berwarna orange atau yg rasanya seperti asam manis. Perpaduan daging ayam dan saus manis ini lah yg membuat orang suka dengan bistik. Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah makan bistik atau membuat bistik sendiri?!

 

Kali ini yg akan kita coba masak adalah bistik bola ayam. Wah cukup unik ya. Agak jarang memang yg memasak bistik ayam dalam bentuk bola. Tetapi jangan salah, rasanya tentu saja sangat lezat, Sob! Rasanya tidak kalah dengan rasa bistik pada umumnya. Menu ini paling cocok di makan bersama dengan nasi putih. Wah lezat sekali pastinya ya, Sob! Menu ini juga cocok banget jika disajikan untuk anak-anak jadi bagi Sobat Pasarindo yg bingung mau memasak apa untuk anak-anak boleh nih mencoba memasak menu ini saja.

 

Pastinya Sobat Pasarindo sudah penasaran ingin segera mencoba memasak menu ini ya. Yuk kita langsung saja simak di bawah ini bahan-bahan apa saja yg diperlukan serta langkah-langkah apa yg harus dilakukan untuk memasak bistik bola ayam ini.  Berikut di bawah ini ya, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

300 gram Fillet Daging Ayam (bagian dada)

3 siung Bawang Putih

1 butir Telur

50 gram Sagu Tani

Garam secukupnya

Lada secukupnya

Kaldu Jamur secukupnya

 

Bahan saus :

1 buah Wortel (potong menjadi ukuran dadu)

1/2 buah Jagung (pipil)

1 buah Kentang (potong dadu)

1/2 buah Bawang Bombai (potong dadu)

1 batang Daun Bawang

3 siung Bawang Putih (haluskan)

1 sendok makan Maizena (larutkan dengan sedikit air)

4 sendok makan Saus Sambal

2 sendok makan Saus Tomat

1 sendok makan Kecap Manis

100 ml Air Kaldu Ayam

100 ml Air

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

 

Cara membuat :

1. Masukkan potongan daging ayam dan bawang putih pada chopper. Giling sampai halus.

2. Lalu masukkan telur, garam, lada, kaldu jamur dan juga sagu tani, giling lagi sampai halus dan menyatu.

3. Panaskan minyak goreng banyak, bulatkan bola ayam dengan bantuan sendok, lakukan sampai habis dan goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.

4. Lalu buat saus, panaskan 2 sendok makan minyak lalu tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum.

5. Kemudian masukkan wortel, kentang dan jagung, aduk rata, tuang air dan air kaldu dan biarkan mendidih.

6. Masukkan saus sambal, saus tomat, kecap manis dan bumbui sedikit garam dan gula.

7. Masak sampai semua bahan matang kemudian kentalkan dengan maizena. Terakhir masukkan bola ayamnya taburi daun bawang, cicipi rasa dan bistik bola ayam siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep bistik bola ayam diambil dari brilio)

 

 

Setelah membaca resepnya mungkin Sobat Pasarindo langsung pusing karena bahan-bahan dan langkah-langkah untuk membuatnya cukup banyak ya. Tapi tenang saja sebenarnya tidak serumit itu, memang bahan yg digunakan banyak supaya rasa yg di dapatkan pada bistik bola ayamnya benar-benar enak. Untuk memasaknya sendiri sebenarnya tidak serumit itu apabila dibaca kembali. Bahan yg digunakan pun bahan yg memang tersedia di dapur pada umumnya. Nah bagaimana Sobat Pasarindo apakah mau langsung coba memasak menu ini?! Untuk rasa pastinya bistik bola ayam ini sangat lezat ya, Sob! Jadi pasti keluarga Sobat Pasarindo akan menyukainya apalagi bagi anak-anak.

 

Jangan lupa bahan-bahan untuk memasak bistik bola ayam dapat dipesan semua di website Pasarindo ya, Sob! Selain tidak perlu repot ke pasar, bahan-bahan yg dibeli pun pastinya masih segar. Dengan daging yg segar tentu masakan akan menjadi jauh lebih enak dan pastinya sehat. Kami tunggu ya, Sob!