Resep Krengsengan Ayam Khas Surabaya

Daging ayam adalah salah satu daging yg paling sering dimasak di dapur rumah Sobat Pasarindo tentunya ya. Hal ini tidak mengherankan karena daging ayam memiliki gizi yg tinggi sehingga sering dijadikan pilihan untuk memasak, selain itu harga daging ayam pun cenderung lebih murah dibandingkan dengan jenis daging lainnya sehingga banyak yg memilih untuk membeli daging ayam. Daging ayam selain sering dimasak dengan cara di goreng juga sering dimasak dengan cara di bakar. Namun terkadang memasak dengan dua cara itu saja pastinya menu masakan juga akan menjadi monoton ya, Sob! Selain dari kedua cara tersebut, ada juga cara lain untuk memasak daging ayam yg pastinya rasanya pun lezat. Kali ini kita akan mencoba memasak salah satu masakan khas dari kota Surabaya.

 

Siapa yg tidak tahu kota Surabaya?! Kota Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Surabaya adalah kota terbesar kedua yg ada di Indonesia setelah Jakarta. Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah pergi ke kota Surabaya?! Ada beberapa masakan khas dari Surabaya yg menarik. Nah salah satu masakan khas kota Surabaya yg menarik adalah krengsengan ayam. 

 

Nah kali ini kita akan mencoba memasak krengsengan ayam khas kota surabaya ini. Kalau Sobat Pasarindo yg dari kota lain mungkin akan bingung ya apa itu krengsengan. Sebenarnya krengsengan itu biasanya adalah daging (bisa menggunakan daging kambing, daging sapi atau daging ayam) yg dipotong menjadi ukuran kecil-kecil dan kemudian diberi bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica, gula dan lain sebagainya. Rasa krengsengan cukup khas dan tentunya lezat. Wah pastinya Sobat Pasarindo menjadi penasaran ya bagaimana rasa krengsengan khas kota Surabaya ini dan bagaimanakah cara memasak krengsengan ayam ini?! Tenang saja Sobat Pasarindo karena kami sudah menyiapkan resepnya untuk Sobat Pasarindo. Resep yg kami siapkan ini tentunya tidak rumit untuk di masak.

 

Kalau begitu yuk kita langsung saja, berikut di bawah ini adalah bahan-bahan apa saja yg diperlukan serta langkah-langkah untuk memasak krengsengan ayam khas Surabaya ya, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

500 gram Ayam

2 lembar Daun Salam

2 lembar Daun Jeruk

1 ruas Jahe

1 ruas Lengkuas

1 batang Sereh

3 sendok makan Kecap Manis

1 sendok makan Petis Udang

300 ml Air

 

Bumbu Halus :

5 butir Bawang Merah

3 siung Bawang Putih

4 buah Cabe Merah

3 butir Kemiri

1/2 sendok teh Ketumbar

1/2 sendok teh Lada

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

Cabe Rawit Utuh secukupnya

 

Cara memasak : 

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis-tumis bumbu halus sampai matang, tambahkan daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, dan sereh.

2. Masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga merata. Tambahkan air, kecap manis, petis, garam dan gula pasir. Biarkan agak lama sampai ayam empuk dan bumbu meresap ke dalam ayam.

3. Setelah empuk dan air agak menyusut tambahkan cabe rawit utuh. Koreksi rasa. Angkat dan Krengsengan Ayam Khas Surabaya siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep krengsengan ayam khas surabaya diambil dari cookpad)

 

 

Dalam memasak hidangan ini yg diperlu perhatikan tentu adalah pada bagian bumbu-bumbu yg digunakan. Bumbu halus harus di tumis hingga benar-benar wangi supaya rasa yg dihasilkan  pas dan enak. Selain itu, pada saat memasak daging ayamnya juga harus hati-hati, jangan sampai terlalu cepat atau terlalu lama waktunya supaya daging ayam dapat benar-benar empuk serta bumbu dapat meresap semua ke dalam daging ayam dengan sempurna. Intinya pada saat memasak harus diperhatikan dengan baik juga perubahan dagingnya.

 

Jangan lupa untuk bahan-bahan yg digunakan tentunya bisa langsung di pesan semua melalui website Pasarindo ya, Sob! Daging yg kami pilih tentunya merupakan daging yg segar dan berkualitas. Memasak menggunakan daging yg segar tentunya akan membuat masakan Sobat Pasarindo terasa semakin nikmat dan lezat. Kami tunggu orderannya ya, Sob!