Resep Tongseng Ayam (tanpa santan)

Masakan-masakan Indonesia sudah terkenal lezatnya bahkan masyarakat dari luar negeri pun banyak yg suka kuliner di Indonesia karena masakannya yg lezat berbeda dengan masakan luar negeri. Bumbu yg dipakai pun bervariasi sehingga menciptakan cita rasa yg menarik bagi lidah masyarakat. Salah satu masakan yg lezat dari Indonesia adalah tongseng. Tongseng diyakini mulai ada sejak abad 18-19 masehi ketika bangsa Arab dan India datang ke Indonesia. Tongseng adalah masakan yg berasal dari kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah baru kemudian tersebar di seluruh Indonesia. Berdasarkan informasi yg ada, pada awalnya masyarakat dari daerah Klego mencari nafkah dengan bertani namun dikarenakan mata pencaharian tersebut dikiranya belum cukup untuk mencukupi kebutuhan akhirnya masyarakat dari Kecamatan Klego beralih profesi menjadi penjual sate dan tongseng dan lanjut hingga sekarang. Kita juga bisa menemukan Patung Sate Tongseng yg menunjukkan bahwa masyarakat Kecamatan Klego sangat bangga dengan hidangan ini.

 

Ternyata ada cerita menarik di balik masakan tongseng ini ya. Mungkin Sobat Pasarindo juga baru tau bukan?! Hehe. Dibalik cerita yg menarik, memang tongseng cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Daging yg digunakan untuk memasak tongseng itu beranekaragam, kadang menggunakan daging kambing, kadang daging sapi atau daging ayam. Tongseng dengan daging apa yg menjadi favorit Sobat Pasarindo?!

 

Sebenarnya tongseng yg diceritakan dalam masyarakat kecamatan Klego itu umumnya menggunakan daging kambing namun kali ini yg akan kita coba untuk buat adalah tongseng dengan menggunakan daging ayam. Mungkin Sobat Pasarindo menjadi penasaran bagaimana dengan rasa tongseng yg menggunakan daging ayam?! Selain itu yg akan kita coba masak disini adalah tongseng ayam yg tidak menggunakan santan supaya lebih sehat ya. Untuk cara memasaknya yuk kita lihat di bawah ini bahan-bahan apa saja yg diperlukan dan langkah-langkah yg harus dilakukan untuk memasak :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

250 gram Ayam (dipotong-potong menjadi kecil)

2 sendok makan Kecap Manis (sesuaikan dengan selera)

15 buah Cabe Rawit Merah

3 kelopak Kol (dipotong-potong menjadi kecil)

2 buah Tomat (dipotong-potong menjadi kecil)

Air secukupnya

Kaldu bubuk secukupnya

1/2 sendok teh Merica Bubuk

Minyak Goreng secukupnya

2 lembar Daun Salam

1 batang Serai

2 lembar Daun Jeruk

3 siung Bawang Merah (diiris-iris kecil)

 

Bumbu halus :

5 siung Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

3 butir Kemiri

1 ruas jari Jahe

1 ruas jari Kunyit

 

Cara memasak :

1. Tumis-tumis bumbu halus sampai menjadi wangi.

2. Masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk ke dalam wajan.

3. Masukkan cabe rawit dan tomat. Tumis-tumis sebentar.

4. Masukkan daging ayam dan masak-masak sampai daging ayam berubah warna.

5. Tambahkan air. Masak lagi hingga daging ayam menjadi lebih empuk.

6. Tambahkan kol dan bawang merah yg telah diiris.

7. Tambahkan kecap, merica, kaldu bubuk dan aduk-aduk lagi hingga merata. Masak hingga kuah mengental. Koreksi rasa dan matikan api. 

8. Sajikan ke piring saji. Tongseng ayam siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep tongseng ayam tanpa santan diambil dari cookpad)

 

 

Resep yg kami siapkan ini adalah resep tongseng ayam yg lebih simpel dan praktis untuk dimasak, jadi tidak akan begitu merepotkan bagi Sobat Pasarindo yg tidak memiliki banyak waktu untuk memasak masakan yg rumit. Selain itu tongseng ayam ini pun sangat segar dan cocok sekali dimakan bersamaan dengan nasi hangat apalagi dibuat dengan tanpa santan menjadikan tongseng ini lebih sehat. Wah bayangin tongseng ayamnya saja sudah lezat sekali bukan, Sob?! Hehe. Yuk langsung di praktekkan, jangan ragu-ragu lagi untuk memasak masakan ini. Tidak perlu khawatir, pastinya masakan ini akan disukai oleh keluarga Sobat Pasarindo. Hehe.

 

Jangan lupa untuk bahan-bahan yg digunakan tentunya bisa langsung di pesan semua melalui website Pasarindo ya, Sob! Daging yg kami pilih tentunya merupakan daging yg segar dan berkualitas sehingga masakan Sobat Pasarindo pun pastinya akan terasa semakin nikmat. Kami tunggu orderannya ya, Sob!