Resep Ayam Geprek

Ayam goreng tepung adalah salah satu masakan yg sudah sangat familiar bagi kita semua. Ayam goreng tepung sering dijadikan bahan dasar untuk masakan lain seperti contohnya ayam goreng sambal matah, ayam goreng asam manis, ayam goreng mentega, ayam goreng telur asin, ayam goreng cabe merah, dan lain sebagainya. Dari nama-nama masakannya tentunya Sobat Pasarindo sudah tahu ya perbedaan dari setiap masakan ayam goreng itu ada pada bumbu luarnya. 

 

Ketika membahas mengenai ayam goreng tepung, tentunya Sobat Pasarindo sudah pernah mendengar masakan ayam goreng tepung yg dinamakan ayam geprek. Adakah Sobat Pasarindo yg belum pernah memakan ayam geprek?! Kami yakin semua Sobat Pasarindo disini pastinya sudah pernah memakan ayam geprek ya. Ayam geprek sempat terkenal pada awal kemunculannya. Semua orang berbondong-bondong membuat ayam geprek sampai pada waktu itu dimana-mana banyak yg berjualan ayam geprek, dari restoran hingga tempat makan di pinggir jalan. Ayam geprek sendiri sebenarnya adalah ayam goreng tepung yg di geprek atau dihancurkan kemudian di campurkan dengan sambel. Masakan ini selain enak, juga cukup simpel dan praktis cara membuatnya. Jadi bagi Sobat Pasarindo yg mungkin kadang masih suka bingung mau memasak apa, ayam geprek bisa jadi pilihan yg tepat. 

 

Jadi apakah Sobat Pasarindo mau mencoba memasak ayam geprek sendiri?! Kami yakin keluarga Sobat Pasarindo pasti akan menyukai menu makanan ini. Jika Sobat Pasarindo ingin mencoba memasaknya, yuk mari kita simak saja di bawah ini bahan-bahan apa saja yg diperlukan serta langkah-langkah yg harus dilakukan untuk memasak ayam geprek ini.

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan : 

2 potong Ayam Fillet (bagian paha atau dada ayam)

1 butir Telur

5 sendok Tepung Terigu

3 sendok Tepung Maizena

3 siung Bawang Putih

Merica secukupnya

Garam secukupnya

Minyak Goreng secukupnya

1 batang Daun Kemangi

 

Sambal : 

22 buah Cabe Rawit

2 siung Bawang Putih (digoreng)

Garam secukupnya 

 

Cara memasak :

1. Cuci daging ayam hingga bersih. Campurkan daging ayam yg sudah di cuci dengan bawang putih halus, merica, dan garam (bisa menambahkan bumbu penyedap jika mau).

2. Remas-remas daging ayam supaya bumbu dapat tercampur dengan rata dan meresap. Tinggalkan selama kurang lebih 2 jam (semakin lama semakin baik, agar bumbu bisa lebih meresap pada ayam).

3. Masukkan 1 butir telur ke dalam adonan ayam. Kocok hingga semua permukaan ayam terlumuri telur.

4. Siapkan tepung terigu dan tepung maizena, campurkan. Lalu masak ayam yg telah dilumuri telur ke dalam tepung. Pastikan seluruh permukaan ayam tertutupi oleh tepung.

5. Panaskan minyak goreng di wajan, sesudah minyak goreng panas, masukkan daging ayam. Goreng ayam dengan api yg kecil agar ayam dapat matang sampai ke dalam-dalamnya. Goreng sampai berubah warna menjadi kuning keemasan lalu balik perlahan.

6. Tunggu hingga kedua sisi ayam matang dan  berubah menjadi kuning keemasan. Tiriskan.

7. Membuat sambal : campurkan bawang putih yg telah digoreng, cabe, garam. Ulek sampai halus. Tambahkan 2 sendok minyak goreng panas bekas menggoreng ayam.

8. Geprek ayam pada sambal. Berikan daun kemangi. Ayam geprek pedas siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam geprek pedas diambil dari cookpad)

 

 

Memasak ayam geprek cukup mudah bukan, Sob?! Hehe. Poin paling penting dari masakan ini sebenarnya terletak pada sambalnya, jadi pada saat pembuatan sambalnya tentunya harus lebih diperhatikan ya, Sob. Selain itu apabila ingin menambahkan sedikit rasa lain yg lebih unik, bisa juga dengan menambahkan keju mozarella atau keju parut supaya dapat mengimbangi rasa pedas dari sambalnya. Yuk segera dicoba untuk memasaknya, Sob!

 

Jangan lupa untuk bahan-bahan yg digunakan bisa langsung di pesan dari website Pasarindo ya, Sob supaya daging yg digunakan untuk memasak selalu segar! Karena dengan memasak menggunakan daging yg segar, dapat membuat masakan menjadi lebih nikmat dan tentunya juga dapat lebih tahan lama apabila ingin disimpan untuk dikonsumsi pada besokan harinya.