Resep Gulai Ayam Pedas

Indonesia dikenal sebagai negara yg kaya akan pulau dan daerah. Selain memiliki budaya yg beraneka ragam, masakan-masakan di setiap daerah pun beraneka ragam, yg dimana hal ini juga yg merupakan salah satu daya tarik negara kita, Indonesia. 

 

Salah satu masakan di Indonesia yg sangat terkenal adalah masakan Padang. Adakah Sobat Pasarindo yg belum pernah makan di restoran Padang?! Disini kami yakin semua Sobat Pasarindo pasti sudah pernah memakan masakan Padang. Hampir semua orang menyukai masakan ini, dapat dilihat dari banyaknya restoran-restoran masakan Padang yg tersebar hampir dimana-mana. Masakan Padang sudah tentu menjadi masakan yg paling dirindukan ketika kita berada di luar negeri karena tidak ada yg menyamai enaknya masakan Padang dan serunya memilih lauk dari tumpukan-tumpukan piring khas restoran Padang.

 

Menu makanan yg disajikan dalam restoran Padang itu beraneka ragam. Biasanya menunya bisa sampai dua puluh menu atau bahkan lebih. Dari sekian banyak menu didalam restoran Padang, biasanya yg menarik perhatian lebih dahulu adalah masakan daging ayamnya. Masakan daging ayam yg biasa disajikan adalah ayam goreng, ayam bakar, ayam pop, dan ayam gulai pedas. 

 

Gulai ayam pedas pada restoran Padang adalah salah satu menu favorit banyak orang. Bumbunya yg khas dapat dikatakan sudah menjadi ciri khas dari Restoran Padang. Untuk memasaknya tentunya mesti memperhatikan tingkat kematangan dan kelembutan daging ayamnya supaya bumbu gulai dapat menyerap secara maksimal. Gulai ayam yg dibumbui dengan tepat rasanya akan sangat lezat sekali apabila dimakan bersamaan dengan nasi hangat.

 

Apakah Sobat Pasarindo penasaran untuk memasak gulai ayam pedas?! Jika iya, mari kita simak di bawah ini apa saja bahan-bahan yg diperlukan dan langkah-langkah untuk memasak gulai ayam pedas ini. 

 

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam (dipotong-potong jd 12 bagian atau sesuai selera)

1/2 buah Jeruk Nipis

1 papan Petai (ambil buahnya saja)

1 batang Sereh (digeprek)

1 ruas Lengkuas (digeprek)

2 lembar Daun Jeruk

2 lembar Daun Salam

1 bungkus Santan instan segitiga

10 buah Cabe Rawit Merah (utuh)

1 sendok teh Kaldu Bubuk

1/2 sendok teh Gula Pasir

Garam secukupnya

Minyak Goreng secukupnya

500ml Air

 

Bumbu halus :

10 buah Cabe Merah

5 buah Cabe Rawit Merah

5 siung Bawang Merah

3 siung Bawang Putih

1 ruas Kunyit

1 ruas Jahe

1 sendok teh Garam

 

Cara memasak :

1. Siapkan bahan-bahan yg diperlukan. Cuci hingga bersih daging ayam lalu beri perasan jeruk nipis dan garam, remas-remas daging ayam supaya meresap. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Haluskan bumbu halus.

2. Goreng ayam hingga setengah matang (hal ini supaya lemaknya keluar).

3. Panaskan sedikit minyak di dalam wajan. Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk, daun salam, sereh dan lengkuas yg sudah digeprek. Aduk-aduk hingga merata.

4. Tumis hingga bumbu cukup matang dan wangi. Tambahkan sedikit air, lalu masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga merata agar bumbu meresap. Masukkan petai dan cabe rawit utuh, aduk-aduk hingga merata.

5. Masukkan santan instan dengan ditambahkan air, kaldu bubuk dan gula, aduk-aduk hingga merata.

6. Masak hingga daging ayam matang dan kuah mulai menyusut. Koreksi rasa. Angkat. Gulai ayam pedas siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep gulai ayam pedas diambil dari cookpad)

 

 

Nah sesudah melihat langkah-langkah dalam memasak gulai ayam pedas tentunya Sobat Pasarindo sudah tidak sabar untuk segera memasaknya untuk keluarga tercinta ya. Bahan-bahan yg diperlukan untuk memasak gulai ayam pedas ini memang cukup banyak namun sebenarnya tidak begitu sulit untuk dimasak. Yg terpenting adalah bumbu yg dihaluskan dibuat dengan baik serta tingkat kematangan dan kelembutan daging ayam harus pas supaya masakan ini terasa makin nikmat.

 

Jangan lupa bahan-bahan yg akan digunakan untuk memasak gulai ayam pedas bisa langsung diorder semua melalui website Pasarindo ya, Sob! Tentunya semua daging yg di pesan akan di kirimkan selagi fresh ya, Sob!