Resep Soto Ayam

Indonesia sangat kaya akan masakan-masakan yg enak. Tentunya Sobat Pasarindo juga setuju ya dengan hal ini. Masakan dengan jenis kuah-kuahan cukup banyak di negara kita, salah satu masakan kuah yg banyak menjadi favorit orang banyak tentunya adalah soto ayam. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya orang yg berjualan soto ayam di sekitar kita. Soto ayam memang sangat disukai sebagian besar warga Indonesia. Tidak heran juga, ada banyak bermunculan makanan-makanan instan yg beraroma soto ayam.

 

Soto ayam adalah salah satu masakan Indonesia yg sangat terkenal. Kuah dari soto ayam memiliki wangi yg khas, wangi dari kuah soto tersebutlah yg menjadi daya tarik dari masakan ini. Soto ayam biasanya memiliki kuah yg berwana kuning karena salah satu bahan yg digunakan untuk membuat soto ayam adalah kunyit. Soto ayam sangat nikmat apabila disajikan selagi panas beserta nasi putih. Tentunya Sobat Pasarindo sudah pernah memakan soto ayam bukan?! Tapi apakah Sobat Pasarindo sudah pernah memasak soto ayam sendiri?!

 

Sebenarnya tidak begitu sulit untuk memasak soto ayam. Namun diperlukan ketelitian supaya tidak ada yg tertinggal karena ada bumbu-bumbu yg harus dihaluskan,  kemudian membuat sambal, membuat koya serta menyiapkan bahan-bahan pelengkap lainnya. Apabila Sobat Pasarindo ingin mencoba membuat soto ayam sendiri di rumah, tenang saja karena kami tentunya sudah menyiapkan resepnya khusus untuk Sobat Pasarindo.

 

Jadi bagaimanakah cara memasak soto ayam?! Yuk langsung saja kita lihat dibawah ini bahan-bahan dan langkah-langkah yg perlu Sobat Pasarindo ketahui untuk memasaknya :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan : 

1 ekor Ayam Kampung (dipotong-potong menjadi 4 bagian)

2000 ml Air

6 lembar Daun Jeruk

3 batang Serai (digeprek)

1 sendok teh Merica Bubuk

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

 

Bumbu yg dihaluskan : 

6 butir Bawang Merah

7 siung Bawang Putih

1 ruas Kunyit

3 butir Kemiri

1 buah Pala

 

Bahan sambal :

1/2 sendok teh garam

20 buah Cabai Rawit Merah (diulek-ulek sampai halus, aduk hingga merata)

 

Bahan koya :

3 siung Bawang Putih (diiris, goreng dan 3 buah kerupuk udang tumbuk jadi satu)

 

Bahan pelengkap :

Soun (rendam di air hingga lunak)

Taoge (secukupnya)

Kol (secukupnya)

Daun Seledri (iris halus)

Bawang Merah Goreng

Jeruk Nipis (secukupnya)

Seledri (iris halus)

 

Cara memasak :

1. Dalam panci rebus air +/- 2 liter.

2. Tumis bumbu halus beserta serai dan daun jeruk sampai harum. Masukkan ayam yg sudah dibagi menjadi 4 bagian.

3. Aduk-aduk sampai berubah warna.

4. Tuang sebagian air panas ke tumisan ayam. Aduk-aduk hingga merata. Kemudian tuang kembali ayam beserta bumbu ke dalam panci berisi air panas.

5. Tambahkan merica, garam, dan gula secukupnya. Masak sampai ayam empuk angkat ayam. Tiriskan. Goreng ayam sampai kecokelatan. Suwir-suwir daging ayam.

6. Penyajiann: di mangkok, tata soun, taoge, kol, ayam suwir, seledri, bawang goreng, siram dengan kuah soto panas. Beri sambal, koya, dan kucuri dengan jeruk nipis. Soto ayam siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep soto ayam diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

 

Langkah-langkah membuat soto ayam memang cukup banyak namun dengan hasil masakan yg lezat seperti itu tentunya layak dicoba ya, Sob. Hehe apalagi jika Sobat Pasarindo juga sedang kebingungan mau memasak masakan apa untuk keluarga, disaat itu soto ayam sangat bisa dijadikan pilihan yg tepat. Menyajikan soto ayam di rumah juga dapat membuat anak-anak senang karena Sobat Pasarindo bisa menyuruh anak-anak untuk menata sendiri mangkok dan isian soto nya dengan bahan-bahan yg sudah disiapkan. Jadi menambah keseruan untuk anak-anak bukan?! Apalagi jadi mengurangi kerjaan Sobat Pasarindo juga. Hehe.

 

Jangan lupa bahan-bahan yg akan digunakan untuk memasak soto ayam tentunya bisa langsung dipesan dari website Pasarindo ya, Sob! Jangan khawatir daging yg dipesan selalu segar setiap harinya jadi masakan pun pastinya jadi jauh lebih nikmat.