Resep Ayam Taliwang

Daging ayam paling enak dimasak seperti apa?! Sobat Pasarindo sendiri sudah pernah memasak daging ayam menjadi masakan apa saja?! Memasak daging ayam bukanlah hal yg sulit ya karena masakan dengan bahan dasar daging ayam itu sangat banyak sekali. Dibalik berbagai macam masakan daging ayam yg ada di Indonesia, ada banyak masakan yg memiliki sejarah cukup unik loh, Sob! Tahukah Sobat Pasarindo bahwa salah satu masakan daging ayam yg juga cukup unik sejarahnya adalah ayam taliwang?! Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah memakan masakan ayam taliwang?! Apabila belum maka Sobat Pasarindo harus banget mencobanya nih karena masakan ini sungguh sangat enak sekali. Wajib dicoba apalagi kita sebagai warga Indonesia. Hehe.

 

Sebelum bahas lebih lanjut, mari kita bahas sedikit mengenai sejarah ayam taliwang yg banyak diceritakan oleh masyarakat. Ayam taliwang pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Karang Taliwang. Menurut informasi, masakan ini pertama kali muncul pada masa perang antara kerajaan Selaparang dan kerajaan Karangasem Bali. Menurut informasi, pada saat itu pasukan dari kerajaan Taliwang di datangkan ke Lombok untuk membantu kerjaan Selaparang berdamai dengan kerjaan Karangasem.

 

Pasukan dari kerajaan Taliwang kemudian ditempatkan di wilayah yg dinamakan Karang Taliwang. Salah satu masakan yg disajikan para juru masak dari kerjaan Taliwang saat itu adalah ayam taliwang. Para juru memasak ayam taliwang menggunakan bahan masakan serta bumbu yg ada disekitar mereka. Seiring berjalannya waktu, pasukan dari Taliwang dan suku Sasak Lombok saling berbaur. Dari perbauran ini maka muncullah makanan yg saling menyesuaikan antara pasukan Taliwang dengan masyarakat asli Lombok. Dari sinilah masakan Ayam Taliwang yg kita kenal tercipta.

 

Wah ternyata seru juga ya asal muasal ayam taliwang ini. Bagi Sobat Pasarindo yg sudah pernah mencobanya pasti mengerti bagaimana nikmatnya masakan ini. Namun bagi Sobat Pasarindo yg belum mencobanya tenang saja, ayo kita masak sendiri ayam taliwangnya. Tentunya semua sudah sesuai dengan selera masa kini ya, Sob! Hehe. Jadi bagaimanakah cara memasak ayam taliwang ini?! Buat Sobat Pasarindo yg sudah penasaran dan ingin segera mencoba memasaknya untuk keluarga Sobat Pasarindo, tenang saja karena kami sudah menyiapkan resep ayam taliwang yg enak yg bisa dicoba oleh Sobat Pasarindo. Yuk kita intip di bawah ini apa aja langkah-langkah untuk membuat ayam taliwang ini :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam Kampung (dipotong-potong menjadi 4 bagian)

2 sendok makan Kecap Manis (optional)

1 sendok makan Gula Merah (sisir)

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

Air secukupnya

 

Bumbu yg dihaluskan :

15 butir Bawang Merah

7 siung Bawang Putih

15 buah Cabai Keriting Merah

15 buah Cabai Rawit Merah

1 sendok teh Rebon/ Terasi

2 ruas Kencur

1 buah Tomat

 

Cara memasak :

1. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan ayam kedalamnya. Aduk-aduk hingga merata.

2. Tambahkan air, gula merah, garam, dan gula. Ungkep ayam.

3. Masak ayam sampai empuk dan bumbu mengental. Cicipi. Tambahkan kecap manis. Aduk-aduk hingga merata.

4. Panggang ayam di atas arang sampai agak kering sambil sesekali diolesi sisa bumbu. Ayam taliwang siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam taliwang diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

 

Memasak ayam taliwang memang lebih membutuhkan kesabaran karena ada beberapa langkah yg harus diikuti. Tapi memasak masakan ini tidak akan sia-sia karena masakan ayam ini memang sedap sekali rasanya. Rasa pedas dari cabai dan aroma kencurnya sangat khas sekali. Selain itu Sobat Pasarindo juga bisa menikmati ayam taliwang ini bersamaan dengan kangkung plecing yg menyegarkan. Memang umumnya sajian ini sering dikombinasikan dengan kangkung plecing karena paling enak disantap secara bersamaan.

 

Jangan lupa untuk bahan-bahan yg diperlukan bisa langsung di pesan dari website Pasarindo ya, Sob! Hehe. Bahan-bahan yg akan Sobat Pasarindo terima tentunya segar langsung dari pasar ya, Sob! Jadi masakan pasti akan lebih lezat rasanya!