Resep Ayam Kuluyuk

Daging ayam paling sering diolah menjadi ayam goreng. Hal ini karena banyak yg menyukai daging ayam yg digoreng. Ayam goreng sebenarnya memang masih bisa dikreasikan lagi menjadi banyak jenis masakan lainnya. Misalnya dengan menambahkan bumbu lain atau saos dengan rasa lain. Hal ini terlihat dari banyaknya masakan dengan ayam goreng. 

 

Ayam goreng sendiri sebenarnya terdiri dari 2 macam yaitu digoreng dengan menggunakan tepung atau digoreng tanpa tepung. Jadi ada masakan tertentu yg memang lebih cocok menggunakan ayam goreng tanpa tepung, ada masakan yg lebih cocok menggunakan ayam goreng tepung. Selain itu ayam yg digunakan untuk goreng juga kadang ada yg menggunakan daging ayam bertulang, ada juga yg menggunakan daging ayam tidak bertulang. Mungkin semua lebih disesuaikan saja dengan selera masing-masing. Apabila tidak mau repot memotong daging ayam yg bertulang mungkin bisa menggunakan daging ayam tanpa tulang saja.

 

Salah satu masakan daging ayam tepung yg cukup favorit adalah ayam kuluyuk. Ayam kuluyuk atau mungkin banyak juga yg mengenal dengan nama ayam koloke adalah masakan daging ayam yg dibaluri dengan tepung kemudian disiram dengan saus asam manis. Masakan daging ayam ini sangat sering ditemui di restoran-restoran karena memang sangat populer. Kuah asam manisnya yg biasanya menjadi daya tarik dari masakan ini. Masakan ini disukai hampir semua orang baik untuk orang yg menyukai makanan yg digoreng maupun orang yg menyukai makanan yg berkuah. Nah untuk kuah asam manisnya kadang tergantung selera. Ada yg lebih suka kuahnya kental, namun ada juga yg lebih suka kuah yg agak encer. Semua terntu kembali ke selera masing-masing ya, Sob! Sobat Pasarindo sendiri lebih suka ayam kuluyuk dengan saos asam manis kental atau yg lebih encer?!

 

Selain daging ayam, sebenarnya masakan ini juga bisa di kreasikan untuk daging lainnya juga contohnya ikan dan udang. Cukup banyak yg menyajikan masakan asam manis ini. Jadi kalo memang Sobat Pasarindo mau ganti menjadi udang atau ikan juga sebenarnya bisa. Hanya perlu diubah sedikit saja supaya rasanya tetap masuk. Dan jangan lupa cara memasaknya tentu agak berbeda namun untuk saos tentunya tetap sama.

 

Pastinya Sobat Pasarindo sudah penasaran ya bagaimana membuat sendiri ayam kuluyuk ini?! Tidak perlu khawatir, resepnya sudah kami siapkan khusus untuk Sobat Pasarindo. Yuk mari kita intip dibawah ini langkah-langkah untuk memasak ayam kuluyuk :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

300 gram Daging Ayam tanpa tulang (dipotong-potong menjadi kecil)

2 sendok teh Kecap Asin

1/4 sendok teh Merica Bubuk

1 butir Telur (dikocok)

 

Saus asam manis :

2 sendok makan Minyak Goreng

3 siung Bawang Putih (dicincang)

1/2 buah Bawang Bombai (iris-iris kasar)

1/2 batang Wortel (iris bentuk korek api)

1 buah Tomat (diiris-iris kecil)

Kembang Kol secukupnya (potong sesuai kuntum)

Paprika secukupnya (iris panjang)

3 sendok makan Saos Tomat

1 buah Mentimun (buang bijinya, iris-iris bentuk korek api)

1 buah Cabai Merah (buang bijinya, iris-iris bentuk korek api)

1,5 sendok makan Gula Pasir

1 sendok teh Cuka Masak

Garam secukupnya

300 ml Air

1 sendok makan Tepung Maizena (dilarutkan dengan air)

 

Pelapis :

5 sendok makan Tepung Terigu

1 sendok makan Tepung Maizena

 

Cara memasak :

1. Bumbui ayam dengan kecap asin dan merica. Aduk rata, diamkan minimal 30 menit.

2. Celupkan ayam ke kocokan telur lalu gulingkan satu persatu ke dalam campuran tepung pelapis. Remas-remas sedikit tepungnya.

3. Goreng ayam dalam minyak panas sampai matang. Sisihkan. Ayam kuluyuk siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo tercinta.

 

(Sumber : resep ayam kuluyuk diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

Sesudah mengintip resep ayam kuluyuknya, gimana tidak begitu susah bukan untuk memasak ayam kuluyuk ini?! Hehe. Memasak ayam kuluyuk ini bisa dibilang bagian paling penting adalah saus asam manis nya. Karena memang fokus di masakan ini ada pada rasa asam manisnya. Rasanya harus dibuat pas enaknya supaya yg memakannya ga merasa terlalu manis atau terlalu asam.


Selamat memasak Sobat Pasarindo! Jangan lupa untuk bahan-bahan yg diperlukan bisa langsung di order dari website Pasarindo ya!