Resep Opor Ayam

Indonesia merupakan salah satu negara destinasi favorit bagi orang-orang dari berbagai negara di dunia. Salah satunya yg menjadi daya tarik Indonesia bagi orang luar adalah masakan-masakan yg ada di Indonesia. Indonesia cukup terkenal akan masakan-masakannya yg enak-enak. Termasuk salah satunya masakan dengan bahan dasar daging ayam. Daging ayam diolah menjadi banyak masakan-masakan yg enak dan menggugah selera. Dari masakan yg kering sampai berkuah. Daging ayam memang sering dimasak menjadi makanan yg berkuah karena gizi yg dikandung dalam daging ayam sangat tinggi sehingga sering digunakan untuk memasak masakan yg lebih sehat. 

 

Salah satu masakan daging ayam berkuah yg sangat populer di Indonesia adalah opor ayam. Tentunya Sobat Pasarindo sudah familiar ya sama yg namanya opor ayam. Opor ayam adalah salah satu masakan yg sangat sering kita ditemukan pada saat Lebaran.  Hal ini disebabkan karena opor ayam sudah merupakan salah satu menu yg wajib bagi warga Indonesia untuk dihidangkan pada saat Idul Fitri dan Lebaran. Opor ayam memang memiliki rasa yg sedap sekali apalagi bagi orang yg bisa memasak opor ayam dengan pas, wah bisa ketagihan makan opor ayam. Hehe.

 

Sebelum kita membahas lebih lanjut, apakah Sobat Pasarindo tahu bahwa opor ayam sebenarnya adalah hasil modifikasi orang Indonesia dari masakan negara India dan Arab?! Dari India kita tau ada makanan India yg sangat enak dan terkenal yaitu Kari, sedangkan dari Arab adalah Gulai. Nah perpaduan dua masakan itu kemudian dibuat lagi oleh orang Indonesia menjadi Opor. Sungguh unik ya asal muasalnya. Di Indonesia, ada opor ayam yg berkuah putih dan opor ayam yg berkuah kuning. Seiring berjalannya waktu, hampir semua daerah di Indonesia menyajikan masakan opor, namun penyajiannya berbeda-beda sesuai dengan daerahnya masing-masing. Sobat Pasarindo sendiri sudah pernah mencicipi opor ayam di daerah mana saja?! Opor ayam yg mana yg menjadi favorit Sobat Pasarindo?!

 

Selain senang memakan opor ayam, tentunya Sobat Pasarindo juga penasaran bagaimana cara memasak opor ayam ya. Di bawah ini kami sudah siapkan resep opor ayam enak yg bisa Sobat Pasarindo sajikan kepada keluarga tercinta. Yuk kita simak langkah-langkah untuk memasak opor ayamnya, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan : 

1 ekor Ayam Kampung (dipotong-potong menjadi kecil atau disesuaikan dengan selera)

2 batang Serai (memarkan)

3 lembar Daun Salam

2 ruas jari Lengkuas (memarkan)

1300 ml Santan Encer dari 1 butir kelapa

200 ml Santan Kental

10 butir Cabai Rawit

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

 

Bumbu yg dihaluskan :

10 butir Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

2 butir Kemiri disangrai

1 sendok makan Ketumbar disangrai

3 cm Jahe

1/4 sendok teh Jinten

1/4 sendok teh Adas

1 sendok teh Merica

 

Cara memasak :

1. Goreng sebentar saja ayam yg sudah dipotong-potong, cukup asal kulit ayam menjadi sedikit kecoklatan. Angkat lalu ditiriskan.

2. Tuang santan dalam wajan, masukkan bumbu halus, bumbu daun dan cabai rawit. Godog sekitar 10 menit sambil ditimba-timba agar santan tidak pecah.

3. Masukkan ayam. Beri garam dan gula pasir. Biarkan mendidih, kecilkan api masukkan santan kental, masak sambil ditimba-timba.

4. Masak sampai ayam empuk, bumbu meresap dan kuah berminyak. Angkat. Opor ayam siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

Tips :

Masak opor ayam dengan api kecil sampai ayam empuk dan santan mengeluarkan minyak.

(Sumber : resep opor ayam diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

Meskipun umumnya bumbu opor ayam ditumis dulu, namun untuk resep opor ayam yg ini tidak perlu ditumis. Bumbunya cukup direbus bersama ayam dan santan. Hasilnya tentu tidak akan kalah gurih dan sedap dengan opor yg ditumis. Tentunya lebih sehat juga karena tanpa tumis. Hehe. Nah Sobat Pasarindo pasti sudah tidak sabar bukan untuk segera menyajikannya kepada keluarga Sobat Pasarindo bukan?! Jangan ragu-ragu lagi, yuk mari segera di masak, untuk bahan-bahan tentu bisa langsung dipesan dari website Pasarindo ya, Sob!