Resep Semur Ayam Kentang

Hari ini Sobat Pasarindo mau memasak apa?! Apakah sudah ada ide?! Hari ini mungkin enaknya memasak daging ayam, mari kita cari-cari masakan daging apakah yg mungkin bisa menarik hati. Tentunya jika ayam goreng sudah cukup sering disajikan Sobat Pasarindo ya?! Jika begitu mari kita lihat lagi menu lainnya. Bagaimana dengan kuah-kuah? Di masa sekarang ini kesehatan menjadi hal yg sangat penting apalagi kesehatan keluarga kita sendiri ya, Sob. Dengan memasak masakan yg berkuah tentunya akan lebih baik dibandingkan dengan memasak masakan yg digoreng. Selain lebih sehat, kuah-kuah pun lebih enak untuk dikonsumsi supaya tidak kering.

 

Berbicara tentang masakan daging ayam, masakan daging ayam berkuah apa yg biasanya disukai Sobat Pasarindo?! Bukan sup ayam nih yg mau kita bahas disini. Masakan berkuah tp bukan kuah sup hehe. Nahh mulai bingung bukan?! Sebenarnya ada banyak masakan daging ayam yg berkuah sedikit. Seperti contohnya ayam goreng asam manis (kuah kentalnya yg menggugah selera), ayam goreng mentega (kuah mentega yg asin-asin gurih), atau misalnya semur ayam kentang. Iya ini dia yg mau kita bahas, salah satu masakan daging ayam berkuah yg cukup populer ini yaitu semur ayam kentang. Rasa kuahnya yg unik ada manis pedasnya membuat daging ayam menjadi makin nikmat.

 

Siapa disini yg belum pernah memakan semur ayam kentang?! Pastinya Sobat Pasarindo sudah pernah memakan semur ayam kentang ya. Makanan ini cukup populer dikalangan orang Indonesia karena aromanya yg sangat menggugah selera karena terdiri dari campuran kayu manis, tomat, dan cabai kering. Tidak hanya daging ayamnya yg lembut, kentang yg ada di dalam semur pun sangat enak rasanya karena semua bumbu sangat menyerap kedalam kentang. 

 

Tahukah Sobat Pasarindo bahwa semur juga pernah dijadikan sebagai menu utama dalam perjamuan bangsa Belanda. Semur sendiri berasal dari bahasa belanda yaitu "Smoor" yg artinya masakan telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan, baru kemudian namanya menjadi "Semur". Ternyata ada cerita dibalik nama Semur ya, Sob. Hehe.

 

Nah untuk memasak semur ayam kentang bagaimanakah caranya?! Apakah Sobat Pasarindo sudah tahu?! Jika belum tahu cara memasaknya tidak apa-apa karena sudah kami siapkan resepnya khusus untuk Sobat Pasarindo. Jadi bagi Sobat Pasarindo yg sudah tidak sabar mau mencoba memasak sendiri semur ayam kentangnya untuk keluarga,  yuk mari kita cek langkah-langkah memasak semurnya dibawah ini :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam Kampung (potong-potong kecil sesuai selera)

500 gram Kentang

1 batang Kayu Manis (ukuran kecil)

1 buah Tomat (belah menjadi 2)

2 buah Cabai Keriting merah (iris-iris serong)

Garam secukupnya

Gula secukupnya

 

Bumbu yg dihaluskan :

8 butir Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

1/2 butir Pala

1 sendok teh Merica

Kecap Manis secukupnya

Kecap Asin secukupnya

Air secukupnya

 

Cara memasak :

1. Cuci daging ayam, goreng sebentar saja.

2. Cuci kentang, potong-potong sesuai selera, goreng setengah matang.

3. Tumis bumbu halus bersama kayu manis, tomat, cabai keriting sampai harum.

4. Masukkan ayam, aduk-aduk, beri air secukupnya, garam, gula, kecap manis dan kecap asin.

5. Masak dengan api kecil, masukkan kentang. 

6. Masak sampai ayam dan kentang empuk, bumbu meresap dan air menyusut.

7. Cicipi. Sajikan dengan taburan bawang goreng merah. Semur ayam kentang siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo tercinta.

 

(Sumber : resep semur ayam kentang diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

 

Memasak ayam semur juga tidak terlalu susah. Yg pasti pastikan memasak dengan api yg cukup kecil supaya daging ayam lebih empuk dan meresap.

 

Seperti biasa apabila Sobat Pasarindo hendak memasak, jangan lupa agar bahan-bahan yg akan digunakan untuk memasak dapat dipesan langsung dari website Pasarindo ya, Sob! Pastikan semua bahan yg akan digunakan untuk memasak memang segar supaya dapat menyajikan makanan yg sehat dan bergizi buat keluarga Sobat Pasarindo!