Resep Ayam Goreng Mentega

Daging ayam sudah menjadi daging yg paling familiar di dapur rumah kita. Bagaimana tidak, memasak daging ayam sudah menjadi rutinitas bagi hampir semua ibu-ibu di rumah. Hal ini disebabkan karena daging ayam sudah merupakan makanan sehari-hari. Namun apabila memasak daging ayam dengan rasa itu-itu saja pastinya anggota keluarga Sobat Pasarindo pun bisa bosan untuk mengkonsumsinya ya. Hal ini membuat para Ibu sering memutar otak dan mencari resep-resep memasak daging ayam yg baru supaya bisa lebih bervariasi dan tidak bosan terutama untuk anak-anak.

 

Daging ayam sebetulnya dapat dimasak menjadi apa saja. Ada yg di goreng, di rebus & di panggang. Semuanya enak-enak jadi tergantung selera anggota keluarga saja. Bahkan dibikin sup juga sudah enak sekali karena sari dari daging ayamnya akan lebih keluar dan selain itu juga sangat menyehatkan untuk dikonsumsi. Cara memasak sup ayam pun berbeda2. Ada yg di masak biasa, ada juga yg di masak menggunakan slow cooker supaya daging ayam lebih empuk dan gizinya lebih tinggi.

 

Umumnya memasak ayam dengan cara di goreng adalah yg paling sering dipraktekkan karena anak-anak biasanya menyukai makanan goreng-goreng daripada yg direbus. Ayam dapat digoreng hanya menggunakan tepung saja (tetap jangan lupa untuk memasukkan garam, lada atau bumbu lainnya ya) atau mungkin di bumbui dengan bahan masakan lain lagi supaya lebih khas seperti misalnya ayam goreng kuning atau ayam goreng kalasan. Dari sekian banyak jenis ayam goreng, manakah yg Sobat Pasarindo sukai?! 

 

Banyak yg mengukai ayam yg digoreng kering saja atau ayam goreng tepung tanpa bumbu lain. Jika menyukai yg seperti itu tidak apa-apa tapi sesekali boleh juga menambahkan sedikit rasa yg berbeda. Contohnya ayam goreng ditambahkan kuah mentega atau yg biasanya dikenal sebagai ayam goreng mentega.

 

Mentega itu lemak padat yg berasal dari susu. Rasa mentega yg sedikit asin serta memiliki wangi yg khas akan membuat daging ayam terasa lebih enak. Contohny saja jika Sobat Pasarindo memasak 2 macam nasi goreng, yg satu menggunakan minyak goreng, yg satunya lagi menggunakan mentega pasti akan terasa bedanya. Nasi goreng yg menggunakan mentega pasti akan terasa lebih asin asin gurih dibandingkan dengan nasi goreng yg dimasak menggunakan minyak goreng biasa. 

 

Bagaimana jika mentega di gabungkan dengan ayam?! Bagaimanakah rasanya?! Bagi Sobat Pasarindo yg mungkin belum pernah mencicipi masakan ayam goreng mentega, boleh banget nih mencoba memasak menu ini. Dijamin ayam goreng yg biasa akan terasa lebih asin dan pastinya enak. Namun memang sedikit lebih basah karena menteganya pasti akan meleleh sehingga daging ayamnya juga akan menjadi basah karena kuah menteganya.

 

Jadi bagaimanakah cara memasak ayam goreng mentega ini?! Tenang saja Sobat Pasarindo, kami sudah menyiapkan resepnya untuk Sobat Pasarindo supaya dapat langsung dipraktekkan dirumah masing-masing. Yuk kita intip langkah-langkah memasaknya :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam (dipotong-potong menjadi kecil)

2 siung Bawang Putih (dihaluskan)

Garam secukupnya

Merica secukupnya

2 sendok makan Mentega

1 buah Jeruk Limau

 

Bumbu yg dihaluskan :

3 siung Bawang Putih (dicincang)

1 buah Bawang Bombai (diiris kasar)

2 sendok makan Kecap Inggris

1 sendok teh Saus Tiram

1/2 sendok teh Merica

Kecap Manis secukupnya

Kecap Asin secukupnya

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

 

Cara memasak :

1. Campur ayam dengan bawang putih halus, garam, dan merica. Diamkan kira-kira 1 jam. Goreng ayam. Angkat. Tiriskan.

2. Panaskan wajan, masukkan 2 sendok makan mentega dan 1 sendok makan minyak goreng, tambahkan bawang putih dan bawang bombai, tumis hingga harum.

3. Tambahkan kecap manis, kecap asin, kecap inggris, saus tiram, garam, merica, gula, dan sedikit air masak sampai mendidih

4. Masukkan ayam goreng. Aduk rata. Kucuri air jeruk limau. Ayam goreng mentega siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo tercinta.

 

Tips : 

Jika menggunakan ayam kampung, ungkep dulu ayam dengan bawang putih dan air secukupnya sebelum ayam digoreng agar daging ayam tidak keras.

 

(Sumber : resep ayam goreng mentega diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

 

Memasak ayam goreng mentega itu tidak susah kok, Sobat Pasarindo hanya perlu menggoreng daging ayam dan kemudian bikin kuah menteganya saja. Yg penting sesuai dengan takarannya saja supaya tidak tetap enak tidak menyimpang dari rasa yg seharusnya hehe. 

 

Jangan lupa untuk bahan-bahan yg diperlukannya semua dapat dipesan langsung dari website Pasarindo ya, Sob!