Resep Ayam Bakar Pedas Manis

Disaat sedang bosan-bosannya dengan makanan yg digoreng, kita pasti akan memilih makanan yg dibakar. Makanan yg dimasak dengan cara dibakar memang terasa enak dan lezat karena ada cita rasa sendiri dari wangi masakan yg dibakar. Seperti contohnya sate, daging sate sebenarnya adalah gabungan dari beberapa potong daging ayam yg ditusuk menggunakan tusuk lidi kemudian dibakar dan dibumbui, mengapa rasanya bisa berbeda dengan daging ayam yg dimasak di wajan menggunakan bumbu yg sama? Hal ini dikarenakan wangi yg diciptakan pada saat daging ayam dibakar lebih khas dibandingkan dengan wangi ayam yg dimasak di wajan.

 

Makanan yg dibuat dengan cara dibakar memang menggugah selera tapi tentunya tidak boleh terlalu sering mengkonsumsi makanan yg dibakar karena sebenarnya kurang baik untuk kesehatan karena banyak bagian yg cenderung gosong atau berwarna hitam. Nah bagian seperti itu sebaiknya dibuang saja daripada membahayakan kesehatan keluarga ya, Sob!

 

Ayam bakar paling sering dibumbui dengan kecap manis. Kecap manis memang ga pernah lepas dari masakan bakar-bakaran, dengan bumbu kecap manis aja biasanya sudah sangat enak sekali rasanya. Selain kecap manis, biasanya ayam bakar juga suka dibumbui dengan bahan lainnya, namun kadang juga disesuaikan dengan selera orang yg memakannya. Ada ayam bakar yg dibakar manis, ada juga yg dibakar pedas bahkan, semuanya sama-sama lezat hanya tergantung selera saja karena ada yg bisa memakan makanan pedas ada yg tidak bisa.

 

Kali ini yg akan kita bahas adalah Ayam Bakar Manis Pedas. Kita akan gabungkan kedua rasa menjadi satu supaya semua anggota keluarga baik yg menyukai manis atau menyukai pedas bisa memakannya. Gabungan kedua rasa ini dijamin lebih menggugah selera lagi dibandingkan dengan hanya menggunakan salah satu rasa. Hehe. Sudah penasaran kah Sobat Pasarindo bagaimana rasa ayam bakar manis pedasnya?! Tentunya enak sekali ya, Sob! Hati-hati nanti malah ketagihan makannya hehe.

 

Ayam bakar manis pedas sebenarnya cukup sering juga kita temukan dimana-mana karena cukup favorit bagi semua orang. Jadi tidak heran juga kalo masakan ini cukup banyak yg tahu. Sobat Pasarindo sendiri apakah sudah pernah mencicipinya atau mungkin Sobat Pasarindo tidak menyadarinya karena umumnya menu yg dicantumkan di restoran hanya ayam bakar saja hehe. 

 

Jadi bagaimanaa cara memasak ayam bakar pedas manis ini?! Tenang saja Sobat Pasarindo, karena kami sudah menyiapkan resepnya khusus untuk para Sobat Pasarindo. Berikut dibawah ini cara-cara memasaknya ya, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam Kampung (dipotong-potong jadi 4 bagian)

3 sendok makan Kecap Manis

3 lembar Daun Salam

1 sendok makan Gula Merah

Garam secukupnya

Air secukupnya

 

Bumbu yg dihaluskan :

12 butir Bawang Merah

6 siung Bawang Putih

3 buah Cabai Keriting Merah

20 butir Cabai Rawit

1 sendok teh Ketumbar

1 ruas Kunyit

 

Cara memasak :

1. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai menjadi harum dan matang. Masukkan ayam dan aduk-aduk hingga merata.

2. Tambahkan air, gula merah, kecap manis, dan garam. Ungkep ayam.

3. Masak sampai ayam empuk dan bumbunya mengental sempurna.

4. Panggang ayam diatas bara arang sampai menjadi agak kering sambil diolesi sisa bumbu. Ayam bakar pedas manis siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam bakar pedas manis diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

 

Memang lebih rumit daripada memasak ayam dengan cara biasa, namun ayam bakar cukup menjadi favorit banyak orang tak terkecuali pasti dengan keluarga Sobat Pasarindo jadi tidak ada salahnya mencoba memasak ayam bakar pedas manis ini. Apalagi dimasak pada saat liburan akhir pekan, akan makin seru dimasak bareng keluarga Sobat Pasarindo karena anak-anak akan merasa seru untuk belajar memasak bakar-bakaran seperti BBQ ya hehe.

 

Bahan-bahannya tentu saja jangan lupa bisa langsung dipesan dari website kami Pasarindo. Pastinya kami akan melayani semua pesanan Sobat Pasarindo segera!