Resep Ayam Goreng Bumbu Soto

Indonesia cukup terkenal akan makanan-makanannya yg enak. Salah satu makanan yg enak adalah Soto. Soto pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita ya, Sob! Soto adalah salah satu makanan berkuah yg cukup terkenal di negara kita, Indonesia. Bahkan mie instan pun ada yg rasanya soto. Soto memang disukai oleh orang banyak karena kuahnya yg lezat dan menggugah selera makan. Ada banyak macam jenis soto yg ada di Indonesia, ada soto betawi, soto medan, soto makassar, soto padang, soto kudus, soto lamongan, soto mie bogor, soto bandung, soto banjar, soto madura dan banyak lagi soto-soto lainnya. 

 

Dari namanya pun tentu sudah ketahuan ya soto tersebut berasal darimana. Meskipun namanya sama yaitu soto namun soto di setiap daerah itu berbeda-beda macamnya. Penyajiannya juga pun berbeda-beda, semua disesuaikan dengan khas daerah masing-masing. Jadi jangan heran kalau Sobat Pasarindo makan soto di kudus dan soto di medan kok bisa berbeda tampilan dan rasanya. Ya karena memang berbeda. Hehe. Kalau Sobat Pasarindo sendiri sudah pernah coba jenis soto yg mana saja?! Yg mana yg menjadi favorit Sobat Pasarindo?!

 

Meskipun kali ini kita membahas soto, bukan soto yg mau kita coba buat melainkan masakan lain yg juga menggunakan bumbu soto, nah masakan apakah itu?! Namanya adalah Ayam Goreng Bumbu Soto. Hehe. Kok namanya sepertinya tidak familiar?! Ya mungkin betul. Memang agak jarang kita menemukan masakan ayam goreng dengan bumbu soto karena menu masakan ini tidak sepopuler soto pada umumnya. Namun untuk rasanya tentu saja tidak kalah enak dibanding soto pada umumnya. Cara memasaknya pun beda, cara memasak ayam goreng bumbu soto ini pertama-tama ayam diungkep dahulu hingga empuk baru kemudian di goreng. Terdengar gampang tapi sebenarnya memasak ayam goreng bumbu soto tidak segampang itu juga, namun tidak ada salahnya mencoba memasaknya.

 

Bagaimana ya rasanya ayam goreng bumbu soto ini?! Apakah Sobat Pasarindo punya bayangan rasanya seperti apa karena selama ini yg kita tahu kan soto itu identik dengan kuah-kuah, tapi kalo namanya ayam goreng bumbu soto pastinya kan bukan sesuatu yg menggunakan kuah ya. Hehe. Nah daripada Sobat Pasarindo jadi penasaran dan bertanya-tanya, yuk kita coba intip gimana cara membuat ayam goreng bumbu soto dibawah ini :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam Kampung (dipotong-potong menjadi empat)

1000 ml Santan Encer

2 cm Lengkuas (memarkan)

4 lembar Daun Jeruk (buang tulang daunnya)

1 batang Serai (memarkan)

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

 

Bumbu yg dihaluskan : 

8 butir Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

1 sendok makan Ketumbar sangrai

1/2 sendok teh Jinten

1 sendok teh Merica

2 cm Jahe

4 cm Kunyit

 

Cara memasak : 

1. Tumis bumbu yg telah dihaluskan bersama serai, lengkuas, dan daun jeruk hingga harum.

2. Masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga ayam berubah warna.

3. Tuangi santan encer, bumbui garam dan gula secukupnya.

4. Ungkep daging ayam sampai empuk dan santan habis.

5. Goreng daging ayam sampai kuning kecokelatan. Angkat. Ayam goreng bumbu soto siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam goreng bumbu soto diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

 

Seperti ini lah cara memasak ayam goreng bumbu soto. Gimana apakah terlihat tidak gampang untuk memasak ayam goreng bumbu soto?! Hehe. Sejujurnya memang lebih rumit ya dibandingkan dengan memasak ayam goreng pada umumnya. Tapi masakan ini cukup unik dan layak dicoba supaya ada menu baru yg dapat disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo tercinta apalagi mungkin kadang Sobat Pasarindo pun bingung mau memasak apa untuk keluarga. Ayam goreng bumbu soto boleh dijadikan pilihan disaat Sobat Pasarindo bingung. Hehe.

 

Jangan lupa bahan-bahan untuk memasak ayam goreng bumbu soto tentunya bisa langsung dipesan dari website Pasarindo ya, Sob! Jangan khawatir daging yg dipesan selalu segar setiap harinya!