Resep Ayam Betutu

Siapa yg tidak kenal dengan Bali?! Bali adalah salah satu kota wisata di Indonesia yg sangat terkenal bahkan tidak hanya terkenal di kalangan orang-orang Indonesia saja tetapi juga sangat terkenal di kalangan orang-orang dari negara lain. Bahkan tidak jarang orang luar lebih mengenali Bali dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia bahkan yg kota besar sekalipun.

 

Bali sangat sering dijadikan destinasi oleh banyak orang, baik sesama orang Indonesia maupun orang dari negara lain. Bali memang bisa dikatakan sudah menjadi kota favorit bagi banyak orang di dunia. Tidak heran juga banyak yg melangsungkan pernikahan mereka di Bali, dari orang-orang Indonesia sendiri sampai dengan artis luar negeri pun banyak yg memilih untuk melangsungkan pernikahan di Bali. Jika dicari tahu, sudah ada banyak deretan nama artis luar negeri yg menikah di Bali. 

 

Selain terkenal karena kotanya yg indah, keindahan alamnya, serta keramahan warganya, Bali juga terkenal sekali dengan masakan-masakannya yg lezat. Tidak heran banyak yg mencoba menjual masakan-masakan khas bali di kota-kota lainnya karena memang masakan Bali sudah sangat terkenal. Masakan-masakan Bali juga terkenal akan pedasnya. Rata-rata masakan Bali memang menggunakan banyak cabai sebagai bahan utamannya.

 

Salah satu masakan khas Bali yg sangat terkenal adalah Ayam Betutu. Jika mendengar nama ayam betutu pasti langsung terpikirkan nama Bali karena memang ayam betutu ini merupakan masakan khas Bali. Sobat Pasarindo sudah sering mendengar nama masakan ini bukan?! Walaupun sudah sering mendengarnya, apakah Sobat Pasarindo sendiri sudah pernah mencobanya?! Mungkin banyak dari Sobat Pasarindo yg belum pernah mencobanya walaupun sering mendengarnya ya. Tentunya Sobat Pasarindo pun penasaran bagaimanakah rasa ayam betutu yg sangat terkenal ini. Nah apabila Sobat Pasarindo memang belum pernah mencobanya, yuk mari kita coba buat sendiri ayam betutu khas Bali-nya. 

 

Untuk resep ayam betutu seperti biasa tentunya telah kami siapkan khusus untuk Sobat Pasarindo. Berikut di bawah ini resep ayam betutu yg pastinya lezat dan tidak akan kalah dengan ayam betutu yg dijual di Bali loh, Sob! Hehe. Berikut langkah-langkahnya ya, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg digunakan :

2 ekor Ayam Kampung (dibelah tapi tidak sampai putus)

Air secukupnya

 

Bumbu yg dihaluskan :

1 sendok makan Ketumbar

4 butir Kemiri

1 ruas Kunyit

15 butir Cabai Rawit

1 sendok makan Rebon/ Terasi

2 sendok teh Merica

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

 

Bumbu, semua diiris kasar :

250 gram Bawang Merah

9 siung Bawang Putih

3 ruas jari Lengkuas

5 ruas jari Kencur

1 ruas Kunyit

3 ruas jari Jahe

20 butir Cabai Rawit

5 batang Serai

 

Cara Memasak :

1. Tumis bumbu halus dan bumbu yg diiris kasar sampai harum dan matang.

2. Cuci bersih ayam. Masukkan ayam yg sudah dibersihkan. Aduk-aduk hingga rata. Beri garam dan sedikit gula.

3. Tambahkan air sampai menutupi ayam. Ungkep dengan api kecil sampai ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap. Cicipi. Angkat. Sajikan (kuah jangan sampai kering. Lebih enak masih ada kuahnya).

 

Tips :

Bumbu ayam betutu ini sebaiknya jangan dihaluskan semua, sebagian bumbu cukup dirajang saja. Sedap sekali rasanya menyeruput kuah betutu sambil mengigit bumbu rempahnya.

 

(Sumber : resep ayam betutu diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

 

Memang tidak bisa dibilang mudah ya untuk memasak ayam betutu ini karena bahan yg digunakan pun cukup banyak, ada bumbu yg dihaluskan, ada bumbu yg tetap dibiarkan kasar dan harus bisa memastikan agar ayam benar-benar dimasak sampai empuk serta meresap bumbunya.

 

Meskipun agak lebih rumit daripada masakan lain pada umumnya, namun tidak ada salahnya mencoba memasak masakan ini. Selain mencoba masakan baru, Sobat Pasarindo pun jadi bisa merasakan salah satu masakan yg terkenal di Bali. Masa kalah sama orang luar yg sudah coba duluan Hehe.

 

Jangan lupa bahan-bahan yg diperlukan dapat dipesan di website Pasarindo ya, Sob! Kami tunggu!