Resep Ayam Goreng Bawang Putih

Umumnya ada beberapa bahan dasar yg sering digunakan sebagai bahan masakan. Bawang putih adalah salah satu bahan dasar yg sering digunakan dalam memasak. Banyak sekali masakan yg harus menggunakan bawang putih sebagai bahan dasarnya. Wangi bawang putih memang membuat aroma masakan semakin sedap, tidak heran banyak yg menyukai bawang putih. Bahkan ada juga orang yg suka memakan bawang putihnya saja (tentu yg telah dimasak ya, Sob!) karena memang seenak itu ya makan bawang putih. Hehe. Nah Sobat Pasarindo termasuk yg mana nih?! Apakah Sobat Pasarindo tipe yg memakan bawang putih bersamaan dengan daging atau suka cemilin bawang putihnya juga?! Hehe.

 

Bawang putih sendiri memiliki banyak manfaatnya. Manfaat dari bawang putih adalah membantu memelihara kesehatan jantung, membantu mengurangi resiko kanker paru, membantu mencegah alzheimer dan demensia, membantu mencegah kerusakan hati, membantu mencegah pilek, mencegah kelahiran prematur dan membantu menurukan tekanan darah serta kolesterol. Banyak sekali ya manfaatnya, Sob.

 

Karena manfaat bawang putih yg begitu banyak, maka dari itu cukup banyak yg suka memakan bawang putih. Namun tidak dipungkiri juga bahwa ada saja orang yg tidak menyukai bawang putih karena baunya memang lebih khas. Jadi meskipun enak dan banyak manfaat, tetap saja ada yg tidak suka mengkonsumsi bawang putih.

 

Banyak menu masakan yg menggunakan bawang putih, termasuk juga masakan-masakan sayuran. Bawang putih hampir tidak pernah terpisahkan dalam memasak sayuran dikarenakan wanginya yg lezat sangat cocok dipadukan dengan sayur-sayuran yg lebih tawar. Selain itu, bawang putih juga sering dipakai sebagai bahan dasar dalam memasak daging yaitu ayam.

 

Salah satu masakan daging ayam yg menggunakan bahan dasar bawang putih adalah ayam goreng bawang putih. Masakan ini lebih jarang kita temukan di restoran dibandingkan dengan ayam goreng tepung biasa, namun masakan ini sebenarnya cukup lezat. Untuk memasak menu ini sebenarnya cukup gampang untuk dibuat dan tidak memerlukan waktu yg terlalu untuk memasaknya.

 

Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah memakan ayam goreng bawang putih?! Jika belum pernah, yuk mari dicoba untuk memasaknya. Jangan khawatir, untuk resepnya pastinya telah kami siapkan khusus buat Sobat Pasarindo! 

 

Berikut dibawah ini cara-cara memasak ayam goreng bawang putih :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam Kampung muda (dipotong kecil-kecil)

6 siung Bawang Putih (haluskan)

1 ruas Jahe (haluskan)

1 sendok teh Kecap Asin

1 sendok teh Saos Tiram

2 bonggol Bawang Putih (memarkan, jangan dikupas kulitnya)

Bumbu pelengkap lainnya : Garam

 

Bahan pelapis :

100 gram Tepung Maizena

 

Cara Memasak :

1. Campur ayam dengan bawang putih, jahe, saos tiram, kecap asin, dan garam. Remas-remas sebentar. Diamkan minimal 30 menit.

2. Panaskan minyak yg banyak di wajan. Gulingkan potongan ayam satu persatu ke dalam tepung maizena. Balut ayam dengan tepung maizena tipis-tipis saja.

3. Goreng ayam bersama bawang putih bonggol sambil sesekali diaduk agar matangnya bisa lebih merata.

4. Jika bawang putih sudah mulai menguning dan kering, sementara daging ayam belum matang, angkat dulu bawang putihnya dan sisihkan dulu. Kemudian lanjutkan lagi menggoreng ayam hingga matang.

5. Goreng ayam sampai matang sempurna. Taburi bawang putih goreng diatas ayam. Ayam goreng bawang putih siap disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam goreng bawang putih diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

 

Sehabis membaca resep ayam goreng bawang putih pasti Sobat Pasarindo menjadi tidak sabar untuk mencobanya bukan?! Hehe. Pasti rasanya sedap sekali ya Sob apalagi jika dimasak sendiri. Dimasa-masa sekarang ini memang akan lebih baik untuk memasak sendiri di rumah supaya lebih terjamin kebersihannya.

 

Jangan lupa bahan-bahan untuk memasak ayam goreng bawang putih dapat dipesan semua di website Pasarindo ya, Sob! Selain tidak perlu repot ke pasar, bahan-bahan yg dibeli pun pastinya masih segar. Dengan daging yg segar tentu masakan akan menjadi jauh lebih enak dan pastinya sehat. Kami tunggu ya, Sob!