Resep Ayam Rebus

Ada banyak cara dalam memasak daging ayam. Salah satunya adalah dengan cara merebus. Banyak yg percaya bahwa mengkonsumsi daging ayam yg direbus jauh lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi daging ayam yg dimasak dengan cara digoreng. Apakah benar demikian Sobat Pasarindo?!

 

Apabila kita coba lihat berdasarkan fakta, daging yg telah dimasak dengan cara digoreng tentunya daging akan lebih berminyak karena mengandung banyak lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol. Lemak sendiri sebenarnya memiliki manfaat bagi tubuh namun tentunya juga dengan jumlah tertentu. Sedangkan pada makanan yg digoreng kadar lemaknya cukup tinggi dan dengan tingginya kadar lemak yg ada pada makanan yg digoreng ini malah dapat mengakibatkan penumpukan lemak di hati dan tentunya untuk jangka panjang hal ini menjadi tidak baik bagi kesehatan kita ya, Sob! Maka dari itu masakan yg digoreng sering dikatakan tidak bagus bagi kesehatan. 

 

Jadi memang untuk jangka panjang apabila kita sering mengkonsumsi makanan yg digoreng, pasti tidak baik bagi kesehatan tubuh kita ya, Sob! Boleh mengkonsumsi tetapi harus dijaga setidaknya jangan sampai setiap hari.

 

Walaupun memang kenyataannya banyak dari kita yg merasa makanan yg digoreng terasa lebih lezat dan menggugah selera, namun memang tidak ada salahnya sekali-sekali mencoba memasak dengan cara lain yg lebih sehat ya, Sob! Nah salah satu cara lain itu ya dengan memasak ayam dengan cara direbus.

 

Ayam rebus menjadi pilihan yg tepat untuk disajikan kepada keluarga Sobat Pasarindo yg sedang menghindari makanan yg digoreng-goreng. Apalagi dengan mengkonsumsi makanan yg digoreng kadang bisa membuat tenggorokan menjadi sakit, jadi sebisa mungkin jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yg digoreng ya, Sob!

 

Sebenarnya ayam rebus cukup digemari orang-orang karena ayam rebus cukup sering kita ditemukan juga di dalam menu makanan pada restoran-restoran terkenal karena memang makanan ini banyak disukai orang. Meskipun menu ini umumnya lebih diperuntukkan kepada orangtua dan anak-anak, orang dewasa juga banyak yg menggemarinya.

 

Nah sekarang tinggal kita mencari cara untuk membuat ayam rebusnya. Pasti Sobat Pasarindo jadi penasaran, jadi bagaimana sih cara memasak ayam rebus?! Tenang saja karena kami tentunya sudah menyiapkan resepnya untuk Sobat Pasarindo. Cara memasaknya pun tidak terlalu susah. Dan dapat dipraktekkan siapa saja karena tidak rumit. Berikut dibawah ini akan kami beritahukan langkah-langkah untuk memasaknya : 

 

Bahan-bahan yg diperlukan : 

1 ekor Ayam Kampung muda dan gemuk

1 ruas Jahe (memarkan)

6 siung Bawang Putih (cincang)

5cm Jahe (dimemarkan lalu di iris tipis berbentuk korek api)

2 sendok makan Minyak Wijen

3 sendok makan Kecap Asin

1 sendok teh Saos Tiram

Bumbu pelengkap lainnya : Garam, Gula dan Merica

 

Cara Memasak :

1. Cuci ayam hingga bersih. Ayam tidak perlu dipotong, tetapi tetap dibiarkan utuh.

2. Rebus air, seruas jahe, garam, gula, dan merica secukupnya ke dalam panci.

3. Masukkan ayam ke dalam panci. Gunakan panci yg memuat 1 ekor ayam

4. Rebus ayam sampai empuk kira-kira 30 menit. Angkat ayam, celupkan ke air es selama 5 menit lalu kembalikan ayam ke dalam kuah kaldu.

5. Tumis bawang putih cincang dan jahe dengan 1 sendok makan  minyak sayur dicampurkan dengan minyak wijen.

6. Tumis hingga harum dan bawang putih garing kekuningan. Tambahkan kecap asin, saos tiram, aduk-aduk hingga merata.

7. Potong ayam menjadi beberapa bagian kecil atau disesuaikan dengan selera. Susun daging ayam dalam piring saji, siram ayam dengan tumisan dan jahe. Ayam Rebus siap disajikan ke keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber : resep ayam rebus diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)

 

 

Ternyata tidak begitu sulit ya untuk memasak ayam rebus ala-ala restoran. Pastinya rasanya juga tidak kalah dengan restoran dan sehat karena dibuat sendiri dirumah.

 

Jika weekend ini Sobat Pasarindo mau mencoba memasak masakan dengan cara baru, tidak ada salahnya nih mencoba memasak ayam rebus ini. Jangan lupa kalau berbelanja bahan untuk memasak ayam rebusnya bisa langsung lewat website Pasarindo ya, Sob! Kami tunggu!