Kandungan Gizi dalam Daging Ayam & Manfaatnya Bagi Tubuh

Daging ayam telah menjadi makanan favorit hampir semua orang di Indonesia. Jarang sekali kita temukan orang yg tidak menyukai daging ayam. Daging ayam memang merupakan daging yg tidak akan bosan apabila dikonsumsi terus menerus setiap hari. Selain itu ternyata daging ayam juga sangat sehat untuk dikonsumsi loh, Sob! 

 

Tahukah Sobat Pasarindo bahwa di dalam daging Ayam terkandung banyak gizi?! Jika belum mengetahuinya tidak apa-apa karena dibawah ini akan kami jelaskan khusus untuk Sobat Pasarindo. 

 

Selain mengandung gizi yg banyak, kandungan yg ada didalam daging ayam ternyata juga sangat bermanfaat bagi tubuh loh, Sob! Jadi apa sajakah kandungan yg ada di dalam daging ayam dan apa manfaatnya bagi tubuh kita?! Berikut dibawah ini kami jelaskan kandungan gizi yg ada didalam daging ayam beserta manfaatnya :

 

1. Protein

Protein umumnya berguna untuk pembentukan otot, membantu membentuk antibodi, membentuk enzim dan hormon serta membantu dan memperbaiki jaringan yg ada di dalam tubuh. Karena fungsinya yg banyak maka jangan sampai tubuh kita kekurangan protein. Oleh karena itu tidak heran banyak yg menyajikan daging ayam sebagai makanan utama setiap harinya.

 

2. Karbohidrat

Fungsi dari karbohidrat adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Jadi apabila kekurangan karbohidrat di dalam tubuh, maka dapat menyebabkan tubuh kita menjadi lemah, lesuh dan susah untuk fokus. Supaya tetap fokus, konsumsilah daging ayam setiap harinya ya, Sob!

 

3. Lemak : lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal

Umumnya lemak berfungsi untuk menjaga tubuh agar selalu hangat sekaligus membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Jadi tidak semua lemak itu buruk ya, Sob! Karena lemak pun ternyata ada manfaatnya bagi tubuh kita.

 

4. Kolesterol

Kolesterol cenderung berhubungan dengan hal yg negatif namun apakah Sobat Pasarindo tahu bahwa kadar kolesterol yg tidak berlebihan dan sehat malah dapat membantu seseorang dari serangan jantung atau stroke?! Dan apabila kadar kolesterol seseorang terlalu rendah juga dapat membahayakan karena dapat meningkatkan resiko penyakit jantung?! Oleh karena itu kolesterol tidak dapat dikatakan buruk, namun yg harus diperhatikan adalah kadarnya.

 

5. Vitamin A

Vitamin A berfungsi membantu kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, menunjang tumbuh kembang janin, mengobati campak, serta mendukung kesehatan tulang.

 

6. Vitamin B, Vitamin B1, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6 dan Vitamin B12

Vitamin-vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan energi, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi masalah sendi, meningkatkan fungsi saraf, membantu produksi sel darah merah dan membantu metabolisme sel tubuh.

 

7. Vitamin D

Vitamin D umumnya berfungsi untuk membantu kesehatan tulang. 

 

8. Vitamin E

Vitamin E berguna untuk mencegah penuaan dini, mengatasi penyakit hati dan ginjal, serta membantu mengatasi gangguan saraf.

 

9. Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yg membantu pembekuan darah. Oleh karena itu vitamin K juga merupakan vitamin yg cukup penting bagi tubuh karena apabila kekurangan vitamin K, jika seseorang terluka maka akan mudah mengalami pendarahan.

 

10. Mineral : Zinc, Selenium, Kalium, Natrium, Fosfor, Tembaga, dan Zat Besi.
Mineral yg terkandung dalam daging ayam berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan, menjaga keseimbangan asam basa, metabolisme energi, mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, pembuatan protein, menjaga sistem kekebalan tubuh, dibutuhkan dalam perkembangan janin, pembentukan gigi serta melindungi sel-sel tubuh

 

Ternyata banyak sekali ya kandungan yg terdapat di dalam daging ayam dan fungsinya bagi tubuh kita! Namun, meskipun kandungan gizi didalam daging ayam cukup banyak, kandungan gizi daging ayam yg kita makan bisa saja berbeda sesuai bagian-bagian mana yg kita konsumsi. Hal ini disebabkan karena di setiap bagian pada daging ayam memiliki kandungan gizi yg berbeda-beda. Bahkan cara pengolahan pun bisa berakibat kandungan gizi di dalam daging ayam berubah. 

 

Maka dari itu penting untuk memperhatikan cara kita memasak daging supaya kandungan gizi yg ada didalam daging tetap dapat dinikmati meskipun telah diolah menjadi berbagai macam masakan.

 

Mulai sekarang Sobat Pasarindo harus rajin mengkonsumsi daging ayam ya supaya tetap sehat dan gizi pun terjaga!