Resep Ayam Bakar Madu

Siapa yg tidak tahu tentang madu?! Para Sobat Pasarindo disini tentu sudah pada tahu madu itu apa. Jadi madu itu adalah cairan kental yg dihasilkan oleh lebah dan memiliki rasa yg manis yg kadang digunakan sebagai pengganti gula. Madu memang dinilai lebih sehat daripada gula karena proses pembuatannya yg alami yaitu dari lebah. Oleh karena itu banyak makanan yg menggunakan madu sebagai pengganti gula. Tidak hanya makanan, minuman pun banyak yg menggunakan madu sebagai pengganti gula karena sekarang ini banyak yg menjalankan pola hidup lebih sehat.

 

Pada awal mulai pandemi, cukup banyak orang yg berjualan madu. Dimana-mana orang mempromosikan madu dan penjualan madu pun meningkat pesat sejak pandemi karena orang-orang mau mengkonsumsinya. Bahkan dari yg tidak suka madu pun mau tidak mau ikut mengkonsumsi madu setiap hari. 

 

Hal ini disebabkan karena madu dapat membantu memperkuat imun tubuh dimana sekarang ini memang imun tubuh kita lah yg paling penting supaya tetap sehat dan jauh dari berbagai penyakit. Manfaat dari madu cukup banyak dan salah satunya memang untuk memperkuat sel imun tubuh.

 

Dengan banyaknya orang yg membeli madu, tidak heran saat ini hampir semua orang memiliki stok madu di rumahnya masing-masing. Apakah Sobat Pasarindo juga termasuk salah satunya?! Hehe. Cara mengkonsumsi madu adalah dengan mengambil madu sebanyak sesendok teh, kemudian dicampurkan dengan air dan diminum. Madu disarankan untuk di konsumsi setiap hari. Pasti Sobat Pasarindo disini sudah pernah meminum madu ya?!

 

Nah daripada madu yg ada di rumah hanya digunakan untuk diminum saja, kenapa tidak dicoba untuk di kreasikan ke dalam menu masakan juga?! Ada banyak sekali masakan yg menggunakan bahan dasar madu. Contohnya masakan apa?! Contohnya adalah ayam bakar madu. Masakan ini cukup populer dan bisa kita ditemukan di dalam menu masakan restoran.

 

Memasak ayam bakar madu membutuhkan waktu yg lebih lama jika dibandingkan dengan memasak ayam goreng bumbu karena ayam harus dibumbuin terlebih dahulu, ditumis hingga meresap lalu kemudian dibakar, baru setelah itu siap untuk disajikan. Jadi bagaimana cara memasak ayam bakar madu ini?! Tenang. Dibawah ini akan kami ajarkan cara memasak ayam bakar madu. Yuk kita simak dibawah ini, Sob :

 

 

Bahan-bahan yg diperlukan : 

500 gram Ayam

1 buah Jeruk Nipis

2 lembar Daun Jeruk

2 lembar Daun Salam

2 sendok makan Saos Tiram

3 sendok makan Madu

2 sendok makan Kecap Manis

1 sendok makan Gula Merah 

2 sendok makan Air Asam Jawa

1 sendok teh Kaldu Jamur

Garam secukupnya

 

Bumbu halus : 

4 siung Bawang Putih

6 siung Bawang Merah

1/4 sendok teh Merica Bubuk

1/4 sendok teh Jahe Bubuk

1/2 sendok makan Ketumbar Bubuk

 

Cara Memasak :

1. Potong-potong daging ayam menjadi beberapa bagian atau disesuaikan dengan selera. Cuci daging ayam hingga bersih. Oleskan daging ayam dengan air jeruk nipis. Diamkan selama beberapa menit kemudian dicuci.

2. Tuang minyak goreng secukupnya ke wajan, panaskan. Tumis bumbu halusnya.

3. Masukkan daun jeruk & daun salam. Tumis lagi hingga wangi.

4. Masukkan daging ayam. Aduk-aduk supaya merata.

5. Tambahkan air, saos tiram, madu, gula merah, kecap, garam, kaldu bubuk dan air asam jawa. Aduk-aduk lagi supaya merata. Jangan lupa untuk koreksi rasa.

6. Tunggu hingga air mulai menyusut dan bumbu meresap tapi jangan sampai terlalu kering, sisahkan sedikit bumbu untuk olesan pada saat dibakar.

7. Angkat daging ayam.

8. Bakar daging ayam. Sesekali di balik dan dioleskan sisaan bumbu yg tadi.

9. Tunggu hingga ayam matang sempurna. Angkat. Daging ayam bakar madu siap di hidangkan ke keluarga Sobat Pasarindo.

 

(Sumber resep Ayam Bakar Madu diambil dari : cookpad)

 

Memasak ayam bakar madu mungkin tidak semudah memasak menu masakan ayam lainnya, namun layak untuk dicoba karena ayam bakar madu sangatlah menggugah selera apalagi jika disajikan dengan nasi putih panas beserta sambel cobek. Dijamin keluarga Sobat Pasarindo bakal lahap sekali makannya hehe.

 

Ayam yg digunakan sebaiknya adalah daging ayam yg masih bertulang supaya bumbu dapat menyerap sampai ke dalam tulang ayam yg pastinya akan membuat masakannya lebih wangi. Jangan lupa bahan masaknya bisa dipesan lewat website Pasarindo ya, Sob! Klik pesan sekarang juga supaya Sobat Pasarindo dapat segera mempraktekkan menu ini segera!