Cara Menyimpan Daging Ayam Segar

Sobat Pasarindo biasanya berbelanja daging ayam segar dimana?! Jika Sobat Pasarindo belanja di supermarket umumnya daging sudah dibungkus dengan rapi dan di beri plastic wrap supaya lebih awet dan biasanya daging ayam yg dijual juga memang sudah dalam keadaan dingin atau di tempatkan di area pendingin yg terbuka. Memang lebih menyenangkan dan lebih bersih ketika berbelanja di supermarket, namun daging ayam yg dijual biasanya tidak sesegar ketika kita berbelanja di pasar. 

 

Berbelanja daging ayam di pasar umumnya daging yg didapat masih sangatlah segar, namun biasanya penjual hanya memasukkan daging ayam ke dalam kantong plastik dan diikat supaya bisa di tenteng oleh pembeli. Yang jadi masalah apabila didiamkan dalam waktu yg cukup lama dengan kondisi daging ayam masih berada di dalam kantong plastik yg terikat itu, daging dapat menjadi rusak loh Sobat Pasarindo!

 

Nah apakah Sobat Pasarindo tahu bahwa daging ayam segar yg baru dibeli dari pasar atau supermarket harus segera di simpan dengan cara yg benar supaya tidak rusak meskipun daging yg kita beli awalnya masih segar?!

 

Hal ini terutama terjadi pada daging ayam yg baru dibeli di pasar ya, Sob! Karena daging masih segar dan belum pernah masuk ke tempat pendinginan. Daging yg baru dibeli dari pasar harus langsung disimpan dengan baik dan benar supaya daging tidak rusak dan layak dimakan. Apabila daging dibiarkan terlalu lama didalam kantong plastik yg diikat dan tidak di masukkan ke tempat yg dingin, daging bisa saja menjadi rusak atau mengeluarkan bau yg tidak sedap sehingga tidak layak untuk dimakan.

 

Jadi bagaimana sih cara menyimpan daging ayam segar supaya tidak rusak?! Tenang. Disini kami team Pasarindo akan memberikan informasi kepada para Sobat Pasarindo cara untuk menyimpan daging ayam segar yg benar supaya tidak cepat rusak. Mari kita simak penjelasan dibawah ini :

 

1. Pertama-tama pastikan sebelum menyentuh daging ayam yg baru dibeli dari pasar atau supermarket, Sobat Pasarindo telah mencuci tangan terlebih dahulu ya. Hal ini supaya daging yg disentuh langsung oleh tangan tetap bersih. Mencuci tangan akan lebih baik apabila menggunakan air hangat kemudian tangan yg masih basah di lap dulu hingga bersih sebelum memegang daging ayam.

 

2. Potong daging ayam sesuai dengan porsi memasak apabila daging ayam yg dibeli cukup banyak. Pisahkan juga tempatnya sesuai porsi sekali memasak supaya setiap kali memasak tidak perlu mengeluarkan semua daging dari dalam freezer, tetapi cukup hanya mengeluarkan porsi sekali masak saja. Hal ini untuk mencegah daging cepat rusak karena apabila sering dicairkan dan dibekukan kembali daging cenderung akan cepat rusak.

 

3. Pisahkan tempat untuk penyimpanan daging ayam dengan daging lainnya atau sayuran lain supaya tidak cepat rusak. Tempat yg dimaksud adalah kotak atau plastik. Jadi daging ayam dimasukkan ke dalam kotak atau plastik yg rapat (ada zippernya) dan pastikan daging ayam tidak tercampur dengan daging atau sayuran lainnya. Jadi jangan mencampurkan beberapa daging dalam 1 tempat yg sama ya, Sob!

 

4. Tidak perlu mencuci daging ayam terlebih dahulu kecuali jika daging mau langsung diolah ya, Sob! Apabila daging belum mau diolah saat itu juga, maka daging bisa langsung di masukkan ke dalam kulkas segera mungkin sesudah Sobat Pasarindo kembali dari pasar. Apabila daging akan diolah dalam beberapa jam kemudian, maka daging boleh ditaruh di bagian rak kulkas terlebih dahulu supaya daging tetap lunak dan tidak rusak. Apabila daging belum akan diolah, maka daging harus dimasukkan ke bagian freezer karena daging dapat lebih tahan lama apabila dimasukkan ke dalam freezer. 

 

Nah kurang lebih seperti itu caranya menyimpan daging ayam segar. Sekarang Sobat Pasarindo sudah tahu kan cara menyimpan daging ayam segar yg benar supaya tidak rusak?! Tidak susah ya, jadi pasti mudah untuk dipraktekkan. Hehe.

 

Mulai sekarang jangan lupa ya untuk sesegera mungkin memasukkan daging ayam yg Sobat Pasarindo baru terima dari kami ke dalam freezer supaya tidak cepat rusak! Atau bagi para Sobat Pasarindo yg berbelanja sendiri ke pasar, jangan lupa ya untuk segera memasukkan daging langsung ke kulkas sesudah Sobat Pasarindo pulang dari pasar!