Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak

Daging ayam merupakan salah satu bahan masakan yg paling sering digunakan dalam memasak. Selain karena harganya yg cenderung lebih murah dibandingkan dengan daging lain (contohnya seperti daging sapi), daging ayam juga memiliki gizi yg tinggi yg berguna bagi tubuh kita loh, Sob! Tidak heran masakan dengan bahan dasar daging ayam ada begitu banyak macamnya.

 

Daging ayam memang cocok dimasak dengan segala cara sehingga menu masakan daging ayam pun sangatlah banyak dan bervariasi. Salah satu menu daging ayam yg terkenal tentunya adalah ayam goreng. Namun, ayam goreng sendiri pun masih ada banyak macamnya. Salah satunya masakan ayam goreng yg cukup terkenal adalah ayam goreng bumbu rujak. Apakah Sobat Pasarindo sudah pernah memakan ayam goreng bumbu rujak?! Jika belum pernah, maka Sobat Pasarindo wajib mencoba masakan yg satu ini karena dijamin Sobat Pasarindo akan menyukainya.

 

Mungkin ketika mendengar nama ayam goreng bumbu rujak, yg terpikirkan oleh Sobat Pasarindo itu, gimana sih rasanya?! Apakah tidak aneh ayam dengan bumbu rujak? Hehe. Jadi meskipun namanya bumbu rujak tetapi bumbunya bukanlah bumbu rujak yg biasa kita makan diluar ya, Sob! Bumbu rujaknya itu adalah bumbu yg dibuat dari beberapa bahan pilihan yg kemudian dimasak menjadi wangi sekali. 

 

Sebelumnya lebih lanjut, mari kami jelaskan dahulu. Jadi ayam goreng bumbu rujak merupakan salah satu makanan khas yg berasal dari kota Surabaya, Jawa Timur. Jadi untuk yg tinggal di kota lainnya mungkin masih belum pernah mendengar ataupun mencoba masakan ini karena masakan ini memang berasal dari Kota Surabaya. Dari namanya tentu Sobat Pasarindo sudah tahu bahwa bahan dasar masakan ini adalah daging ayam. Jadi daging ayam dibumbui dengan bumbu rujak khas Surabaya yg sangat wangi dan biasanya setelah itu daging di bakar sebentar supaya lebih lezat lagi daging ayamnya. 

 

Masakan ini cukup disukai banyak kalangan karena rasanya yg manis dan asam dapat membuat selera makan bertambah. Duh bayanginnya saja sudah membuat lapar ya, Sob! Hehe. 

 

Setelah mendengar beberapa penjelasan tentang ayam goreng bumbu rujak, tentu Sobat Pasarindo jadi penasaran nih gimana sih caranya memasak Ayam Goreng Bumbu Rujak khas kota Surabaya ini?! Tenang saja karena kami sudah mempersiapkan semuanya khusus untuk Sobat Pasarindo. Yuk kita simak resep ayam goreng bumbu rujak khas Surabaya dibawah ini :

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam (dipotong-potong sesuai selera)

500ml Santan (kental)

2 batang Sereh (dikeprek)

2 lembar Daun Salam

1 ruas Lengkuas (iris tipis/ memarkan)

1 sendok makan Air Asam (kentalkan)

Garam secukupnya

Gula Jawa/ Gula Pasir secukupnya

8 siung Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

6 buah Cabe Merah (buang biji)

6 butir Kemiri (sangrai)

 

Cara Memasak :

1. Pertama-tama bersihkan ayam yg telah dipotong. Kemudian goreng ayam hingga matang. Angkat dulu ayamnya.

2. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah serta kemiri. Tumis semuanya sampai cukup matang & wangi.

3. Masukkan sereh, daun salam, lengkuas & santan serta bumbu seperti garam dan gula jawa/ gula pasir secukupnya sesuai selera.

4. Masak hingga air santan mulai mengering, kemudian tambahkan air asam, aduk-aduk hingga merata.

5. Masukkan ayam yg telah digoreng sebelumnya, lanjutkan memasak sambil sekali-sekali diaduk supaya bumbu bisa lebih merata dan menyerap (sampai berminyak). Angkat.

6. Panggang daging ayam sebentar sebelum disajikan supaya daging lebih wangi.

7. Tabur bawang goreng diatas daging ayam dan teteskan air jeruk limau diatasnya

8. Ayam Goreng Bumbu Rujak siap dimakan.

 

(Sumber Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak diambil dari : Cookpad)

 

Ternyata tidak begitu susah ya memasak ayam goreng bumbu rujak ini. Yuk Sobat Pasarindo coba dimasak supaya bisa tahu seberapa lezat masakan ini. Hehe. Jika bahan yg diperlukan belum ada, tenang saja ada kami team Pasarindo yg siap membantu Sobat Pasarindo untuk berbelanja ke pasar. Klik order sekarang juga atau hubungi kami langsung dan pasti akan kami proses segera!