Resep Ayam Goreng

Daging ayam merupakan daging yg mengandung banyak gizi dan juga memiliki banyak manfaat sehingga memang tidak mengherankan jika daging ayam merupakan daging yg paling sering digunakan untuk memasak. Bahkan sejak dari masih bayi pun makanan yg pertama kali dikenalkan para Ibu ke anaknya umumnya adalah daging ayam, tentunya selain ASI / susu ya, Sob!

 

Masakan dengan bahan utama daging ayam juga terbilang sangat banyak dan sering kita temukan di berbagai tempat. Cara memasaknya pun sangat bervariatif. 

 

Memasak daging ayam tidak begitu sulit karena daging ayam memang cukup gampang untuk diolah. Namun perlu diingat bahwa daging ayam harus dimasak dengan baik (sampai matang) supaya aman dikonsumsi oleh keluarga karena apabila daging ayam tidak dimasak dengan baik (belum matang/ masih mentah), maka dapat membahayakan kesehatan bagi orang yg mengkonsumsinya.

 

Menu masakan daging ayam yg paling disukai adalah Ayam Goreng. Siapa sih yg tidak suka dengan ayam goreng?! Kami yakin Sobat Pasarindo pun rata-rata adalah penyuka ayam goreng. Betul bukan?! 

 

Rasanya memang tidak ada satu orangpun yg tidak menyukai ayam goreng. Mau diolah seperti apa dan dengan bumbu apa, orang-orang cenderung tetap suka mengkonsumsi ayam goreng karena ayam goreng memang makanan yg cukup simpel namun sangat menggugah selera bagi seluruh kalangan, baik dari anak kecil hingga orang dewasa. 

 

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab bermunculnya banyak restoran yg menu utamanya adalah ayam goreng. Bahkan restoran-restoran tersebut juga memiliki banyak peminat dan umumnya juga selalu ramai. Contohnya saja restoran-restoran cepat saji yg menjadikan daging ayam sebagai menu utama dalam restorannya. Dan rata-rata menu ayam yg disajikan adalah ayam goreng.

 

Peminat ayam goreng memang tergolong cukup banyak, umumnya selalu ada saja orang yg mau membeli ayam goreng setiap harinya. Hal itu pula yg menyebabkan para pebisnis dibidang makanan cukup optimis walaupun menu utama yg ditawarkan adalah ayam goreng yg sudah cukup umum. Mereka yakin bahwa ayam goreng pasti akan tetap diminati banyak orang. Walaupun begitu, tentu saja tidak semua restoran yg menjual ayam goreng itu pasti bisa terkenal dan sukses ya karena semua tergantung rasa dari ayam goreng itu juga.

 

Membeli makanan yg disajikan di luar rumah atau restoran tentu enak dan tidak repot. Selain tidak perlu memasak, kita juga tidak direpotkan dengan cucian karena semua sudah dikerjakan oleh pihak restoran. Namun, makanan yg dibuat sendiri dirumah tentu lebih sehat. Selain karena kebersihannya dapat lebih terjaga karena diolah sendiri, Sobat Pasarindo pun bisa memasak daging ayam sesuai dengan takaran selera yg diinginkan karena kadang selera setiap anggota keluarga juga bisa berbeda-beda.

 

Untuk memasak sendiri dirumah tentunya Sobat Pasarindo perlu resep ayam goreng yg enak untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta. Yuk mari kita simak resep ayam goreng dibawah ini yg pastinya akan disukai keluarga Sobat Pasarindo tercinta.

 

Bahan-bahan yg diperlukan :

1 ekor Ayam Negeri/ Ayam Broiler (dipotong-potong kecil sesuai selera)

7 siung Bawang Putih (dipotong kecil)

1 butir Telur

100 gr Tepung Terigu

20 gr Tepung Maizena

1/2-1 sendok Merica (sesuai selera)

Bumbu pelengkap lainnya seperti : Garam & Kaldu bubuk (sesuai selera)

 

Cara Memasak :

1. Potong bawang putih menjadi kecil & haluskan.

2. Cuci bersih daging ayam yg telah dipotong, kemudian campurkan daging ayam dengan bawang putih yg telah dihaluskan, jangan lupa diaduk-aduk supaya merata.

3. Masukkan merica & kaldu bubuk serta garam ke dalam campuran daging ayam. 

4. Aduk-aduk hingga merata. Simpan daging ayam yg telah dibumbui ke dalam kulkas sekitar 2 jam. Boleh juga menggunakan plastik wrap untuk menutupi wadah supaya bumbu lebih meresap

5. Campurkan tepung terigu & tepung maizena di dalam satu wadah terpisah dari daging ayam.

6. Keluarkan daging ayam dari kulkas. Masukkan 1 butir telur ke daging ayam, aduk-aduk hingga merata.

7. Masukkan daging ayam ke dalam campuran tepung terigu & tepung maizena. Remas sedikit sambil dicubit-cubit sampai tepung terlihat keriting.

8. Goreng ayam dalam keadaan minyak panas . Goreng sampai warna ayam menjadi kuning kecoklatan.

9. Angkat. Ayam goreng siap disajikan untuk keluarga Sobat Pasarindo tercinta.

 

(Sumber : resep ayam goreng diambil dari Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen)